Home Kesehatan Cara Mengeluarkan Gas dalam Perut

Cara Mengeluarkan Gas dalam Perut

91
0
SHARE
cara mengeluarkan gas dalam perut
@wikihow.com

Cara Mengeluarkan Gas dalam Perut – Kebanyakan gas dalam perut akan membuat tubuh terasa tidak nyaman dan perut sering keroncongan atau berbunyi sehingga terkadang kadang mengundang rasa kurang percaya diri. Kelebihan dan menumpuknya angin dalam perut disebabkan berbagai faktor seperti mengkonsumsi makanan yang meransang angin seperti mengkonsumsi kol, ubi dll.

Cara mengeluarkan gas dalam perut bisa dilakukan dengan beberapa metode latihan sederhana. Lantas apa latihan yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan angin dalam perut, berikut ulasannya sebagaimana yang dikabarkan oleh detik.com.

Cara mengeluarkan gas dalam perut

1. Berjalan

Berjalan adalah gerakan ringan yang bisa membantu mengeluarkan gas dalam perut. Ini bisa dilakukan kalau tumpukan gas di akibatkan oleh duduk yang terlalu lama seperti duduk dalam mobil, atau terlalu lama duduk di depan laptop. Kalau anda sudah merasakan ada gas dalam perut maka segera bangkit dan berjalan jalan sebentar hingga angin dalam perut keluar.

2. Wind relieving pose

Ini adalah satu teknik sederhana dalam yoga yang bisa anda lakukan untuk memudahkan keluarnya angin dalam perut. Dengan melakukan wind relieving pose (mengibas angin) maka angin dalam perut akan tertekan dan mudah untuk keluar.

Baca: Manfaat daun salam untuk kesehatan

Cara mengeluarkan gas dalam perut dengan teknik wind relieving pose adalah dengan berbaring telentang dan kemudian menarik satu lutut ke arah dada serat menahannya dengan kedua tangan. Kemudian secara perlahan tarik lagi lutut ke arah dada hingga menempel dada. Tahan beberapa saat dan ulangi melakukan wind relieving pose untuk kaki yang satu lagi.

3. Garland pose

Garland pose adalah gerakan sederhana lainnya yang bisa membuat anda mudah dalam mengeluarkan angin. Garland pose adalah suatu teknik yang dilakukan dengan membuka pinggul dan melebarkan kedua kaki dan posisi tangan seperti orang berdoa, sehingga memudahkan keluarnya gas.

Baca: Cara mengontrol diabetes

Kemudian tekuk lutut sedikit demi sedikit hingga posisi jongkok sambil menghembus nafas dan siku kedua tangan di arahkan menyentuh lutut, sementara pinggul tetap lurus.

Demikianlah cara mengeluarkan gas dalam perut dengan latihan sederhana. Walaupun gas bisa dikeluarkan dengan cara ini namun anda bisa mencegah terjadinya tumpukan gas dalam perut atau lambung dnegan mengkonsumsi makanan sehat yang berprotein, bijibijian, minum air sebanyak 8 gelas sheari dan menghindari soda dan produk susu yang bisa memburukkan kondisi perut anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here