SHARE
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara memutihkan gigi secara alami mudah di lakukan dan bisa di lakukan oleh siapa saja. Hanya saja, jika gigi sudah terlalu kuning akan sedikit susah untuk membersihkannya. Jadi, jangan tunggu besok untuk membersihkan gigi anda dengan bahan alami agar bersih dan putih menawan. Gigi putih akan membuat anda lebih percaya diri dan membuat senyuman anda semakin menarik.

Sebuah penelitian di Amerika yang dilakukan oleh American Dental Association (ADA) menyatakan bahwa 87% orang merasa tertarik ketika melihat seseorang tersenyum, terutama jika gigi mereka putih bersih.

Sebelum kita lihat lebih jauh cara memutihkan gigi secara alami, mari terlebih dahulu kita lihat penyebab gigi kuning. Ada banyak hal yang mempengaruhi gigi kuning dan menghilangkan kepercayaan anda. Sebenarnya, ketika dilahirkan atau ketika tumbuh pertama kali gigi kita berwarna putih bersih, namun lambat laut dipengaruhi oleh makanan dan minuman sehari hari akhirnya membuat gigi kita menjadi kuning. Jadi, gigi kuning bisa di sebabkan oleh banyak faktor misalnya faktor dalam dan faktor dari luar. Berikut kita lihat penyebab gigi kuning.

Baca juga: Cara menghilangkan krang gigi yang Mengeras

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Faktor ekstrinsik

Ini adalah faktor luar yang mempengaruhi warna gigi. Faktor ini bisa akibat dari makanan, kopi, teh, rokok, alkohol dan aneka jenis makanan lainnya. Makanan terlalu dingin dan terlalu panas juga bisa mempengaruhi warna pada gigi anda. Jika warna gigi berubah akibat makanan dan faktor luar lainnya, ini masih bisa di tolerir. Kita bisa menggosok gigi dan menjaga kebersihan gigi.

Faktor instrinsik

Penyebab gigi kuning selain di sebabkan oleh faktor luar juga bisa disebabkan oleh faktor dalam. Faktor dalam bisa berupa jenis obat obatan yang kita konsumsi.

Obat obatan yang kita konsumsi dalam jangka waktu lama bisa memberikan peruahan warna alami gigi. Secara perlahan obat dalam perut akan mengenai gigi dalam mulut dan membentuk material dan senyawa antara enamel gigi dan dentin. Jika gigi kuning akibat faktor intern seperti ini aka lebih sulit di hilangkan dan bersihkan dibandingkan dengan faktor eksternal.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Memang warna kuning pada gigi sangat sulit dihilangkan, namun anda tidak perlu khawatir untuk itu karena anda masih bisa memutihkan gigi anda dengan aneka cara. Biasanya orang memutihkan giginya dengan pergi ke salon kecantikan atau ketempat perawatan gigi namun ini banyak menghabiskan modal.

Jika anda tidak memiliki banyak duit, anda bisa mencoba beberapa cara memutihkan gigi secara alami berikut ini. Semua cara dibawah ini bisa anda lakukan sendiri dari rumah dengan mudah.

1. Menggunakan Siwak

Siwak sudah lama di gunakan sebagai alat untuk bersugi atau menggosok gigi. Siwak adalah batang tanaman siwak yang mampu menjaga warna gigi alami serta mengandung anti bakteri yang baik untuk gigi. Menurut penelitian arkeologis, siwak sudah digunakan sejak zaman mesir kuno sebagai alat menggosok gigi terbaik didunia.

Ummat Islam sudah sangat mengenal siwak, karena Rasulullah sendiri selalu menggunakan siwak untuk membersihkan gigi beliau. Bagaimana membersihkan gigi dengan siwak? Berikut caranya!

  • Ambil batang atau akar tanaman siwak
  • Kemudian hilangkan kulit pada bagian ujung
  • Pilin atau pukul perlahan ujungnya agar serat kayu siwak terbalah seperti bulu sikat
  • Pilih siwak yang memiliki serat halus agar tidak menyebabkan sakit ketika menggosok gigi.
  • Gosok gigi anda dengan ujung siwak yang sudah seperti kuas sebanyak 2 kali sehari.

2. Strawberry

Selanjutnya, cara memutihkan gigi secara alami adalah dengan mengkonsumsi buah strawberry. Jadi, strawberry tidak hanya enak dimakan namun juga mengandung manfaat luarbiasa untuk memutihkan gigi.

Strawberry mengandung vitamin C dan mengandung asam ellagic yang manfaatnya bisa memutihkan gigi yang terlanjut kuning. Bahkan artis Hollywood seperti atherine Zeta-Jones dan Tyra Banks juga sering menggunakan strawberry untuk memutihkan giginya. Efek pemutih gigi dari strawberry bisa di dapatkan dengan sangat mudah, dengan mengunyah strawberry saja anda bisa mendapatkan gigi putih. Kandungan zat dalam strawberry baik untuk memutihkan kembali gigi kuning.

Berikut cara menggunakan strawberry untk meutihkan gigi secara alami.

  • Menggosok strawberry pada gigi dan mendiamkan beberapa menit kemudian berkumur dengan air hangat
  • Bisa juga dengan menghaluskan strawberry dan mencampurkannya dengan sedikt baking soda, gunakan untk menggosok gigi
  • Menggunakan pasta gigi strawberry pada gigi dan diamkan selama beberapa menit, bilas menggunakan air hangat.

3. Minyak Kelapa

Selanjutnya, ramuan herbal untuk memutihkan gigi adalah minyak kelapa. Sedikit yang tahu bahwa minyak kelapa ternyata mengandung zat yang bisa mencegah plak dan membuat gigi kuning menjadi lebih putih. Minyak kelapa juga mengandung zat yang unik karena memang semuanya terbentuk dari Medium Chain Triglycerides (MCTs). Berikut cara memutihkan gigi dengan minyak kelapa secara alami.

  • Ambil satu sendok minyak kelapa
  • Kemudian, oleskan pada gigi dan diamkkan selama beberapa menit
  • Ludah minyak kelapa dan berkumur dengan air hangat
  • Sikat gigi seperti biasa menggunakan odol

4. Hydrogen Peroxyda

Ini adalah senyawa kimia yang memiliki kemampuan untuk memutihkan. Pada dasarnya, ia digunakan untuk memutihkan kue, namun dalam takaran tertentu bisa memutihkan gigi kuning. Untuk mendapatkan hhydrogen peroksida anda bisa membelinya di apotik, depot atau tempat bahan kimia. Namun jika tujuan anda adalah memutihkan gigi, ambil yang memiliki merk food grade atau aman untuk dikonsumsi. Berikut cara memutihkan gigi dengan hydrogen peroksida.

  • Larutkan seujung sendok hydrogen peroksida dengan segelas air
  • Berkumurlah dengan campuran tersebut
  • Tak hanya berkumur, anda juga bisa membuat pasta untuk menggosok gigi. Caranya adalah dengan mencampuri peroksida dengan baking soda.

Note: Hydrogen peoksida harus hati hati dalam menggunakannya karena jika terlalu banyak malah merusak gigi anda. Penggunaan hydrogen peroksida untuk memutihkan gigi sebaiknya digunakan sebulan sekali.

5. Baking soda

Selanjutnya adalah baking soda. Sudah banyak yang tahu bahwa baking soda adalah bahan untuk pengembang kue yang bisa juga digunakan untuk memutihkan dan menghilangkan karang gigi. Sama seperti hydrogen peroxida, jika terlalu sering menggunakannya, maka baking soda bisa merusak gigi anda secara perlahan. Berikut cara memutihkan gigi dengan baking soda.

  • Buatlah pasta gigi dengan baking soda, caranya adalah dengan mencampuri dua sendok baking soda dengan sedikit air
  • Oleskan pasta tersebut pada gigi anda dan diamkan selama 5 menit.
  • Bilas dan berkumur dengan air hangat untuk membersihkan sisa baking soda.

6. Arang Kayu

Arang kayu juga bisa menjadi alternatif untuk memutihkan gigi secara alami tanpa efek samping. Mungkin anda heran kenapa arang yang warnanya hitam bisa memutihkan gigi. Arang adalah hasil pembakaran kayu yang memiliki kandungan aktif karbon dan bermanfaat untuk mengkikis noda apda enamel gigi dengan segera.

Cara memutihkan gigi dengan arang kayu sangat mudah. Ambil arang dan tumbuk hingga menjadi bubuk. Ambil dan basahkan dengan air, kemudian oleskan pada gigi anda, diamkan beberapa menit (10 menit) kemudian berkumur dengan air hangat dan lihat perubahannya.

Note: Penggunaan arang kayu untuk memutihkan gigi juga harus dibatasi karena arang bisa merusak enamel gigi anda. Lakukan saja dua kali dalam sebulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here