BERBAGI

Jus buah bit – Beet atau bit adalah umbi dari sayuran bit yang terkenal akan khasiatnya. Bit berasal dari kawasan Ameriak, namun berkat manfaatnya yang luarbiasa kini semakin populer di Tanah Air. Buah bit berwarna merah tua yang didalamnya banyak nutrisi yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Jika anda mau mengkonsumsi dan mendapatkan manfaatnya anda bisa mengunyah seperti buah bengkoang atau dengan membuat jus bit. Mengkonsumsi dengan cara membuat jus bit sangat populer di tengah masyarakat dewasa ini.

Mengkonsumsi buah bit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, menambah darah, serta melawan kanker dan tumor. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengkonsumsi secara langsung atau dengan membuat jus bit.

Khasiat buah bit yang menakjubkan ini membuat umbi asal Amerika ini di buru oleh bnyak masyarakat hingga ke tanah air terutama mereka yang mencintai minuman sehat. Namun, kini umbi buah bit agak sulit di dapatkan di tanah air akibat sediktinya produksi buah bit.

Membuat jus bit sangat mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah saja, anda bisa mengkombinasikan dengan beberapa bahan lain untuk menambah citarasa dan khasiat.

Mengenal Buah Bit

Buah bit berasal dari akar tanaman bit, umbinya berkembang seperti wortel atau seperti ketela rambat. Bentuk daunnya seperti daun sawi hijau namun agak lebih kecil dan pendek. Warna buahnya merah tua atau ungu tua, jika di kunyah akan mengeluarkan air berwarna merah tua yang akan membasahi mulut bahkan lidah serta seluruh mulut akan berubah menjadi merah seperti orang makan sirih.

Buah bit memiliki tekstur yang renyah dan rasanya agak-agak pahit bercmpur manis. Namun demikian, khasiat buah bit bagi kesehatan sangat luarbiasa karena ia bisa mencegah bahkan melawan sel kanker dan tumor.

Berikut Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Dengan mengetahui manfaat buah bit di harapkan pembaca bisa lebih menyukai buah ini, terutama untuk konsumsi sehari-hari demi mencegah penyakit berbahaya.

1. Menambah darah

Buah bit mengandung zat besi yang tinggi sehingga bisa menjadi asupan menakjubkan untuk menambah produksi sel darah merah. Ini maksudnya buah bit bisa melawan anemia dan lemah yang berhubungan stamina.

2. Mencegah anemia

Ini manfaat lebih spesifik lagi dari buah bit. Kandungan zat besi dari buah bit berkhasiat untuk mematangkan eritroit dan sel sel darah merah. Selain buah bit anda bisa mendapatkan manfaat seperti ini pada buah bu jalar, brokoli dan daun katuk.

Baca: Makanan untuk Darah Rendah

3. Mencegah masalah pencernaan

Tingginya kandungan serat buah bit sangat baik untuk mencegah gangguan pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air kecil dan air besar (BAB). Jadi, mengkonsumsi bit secara teratur mampu menjadi bahan alami untuk meningkatkan energi serta membersihkan tubuh dari racun akibat makanan sehari-hari. Namun demikian, disarankan untuk tidak mengkonsumsi dalam jumlah besar.

4. Membersihkan Hati

Buah bit berperan sebagai detok alami yang akan membuang racun dalam hati dan ginjal. Secara langsung umbi merah tua ini akan membersihkan hati dan organ ginjal.

5. Meningkatkan stamina

Berkat banyak kandungan nutrisi dalam buah bit, maka ia menjadi salah satu makanan alami yang ampuh meningkatkan stamina dan perasaan rileks.

6. Tumor

Senyawa dalam buah bit bermanfaat untuk menghancurkan sel tumor dan sel kanker. Maka, jika anda mengalami atau mempunyai riwayat kanker sangat baik mengkonsumsi buah ini sebagai pencahar dan pembuang racun termasuk sel tidak normal atau sel kanker. Baca juga: ciri ciri kanker otak, tumor otak

7. Kolesterol dan hipertensi

Mengkonsumsi jus buah bit secara teratur juga bisa menjaga tekanan darah tetap stabil serta menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Jika anda memiliki masalah dengan kolesterol, cobalah mencari buah bit dan olah menjadi jus bit tanpa menggunakan gula atau menggunakan sedikit gula.

8. Sumber folat

Folat adalah sumber makanan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan bayi. Fola juga bermanfaat untuk mencegah cacat lahir dan cacat tulang belakang pada bayi. Jadi, manfaat jus buah bit sama seperti manfaat brokoli dari sisi mempunyai dan meyimpan banyak folat.

Beberapa Resep Jus Buah Bit

Resep #1

Jus bit merah asli

Bahan-bahan:

  • Satu bit ukuran medium,
  • Air putih sebanyak dua gelas
  • Es batu seperlunya saja

Cara membuat jus bit merah asli:

Kupas kulit buah bit hingga menyeluruh, kemudian cuci dengan bersih pada air mengalit. Belah menjadi beberapa bagian dan masukkan kedalam mesin blender dan masukkan juga air putih. Blender hingga halus dan tambahkan es batu untuk mendapatkan nuansa dingin menyegarkan. Ini adalah resep jus bit alami murni tambah tambahan apapun sehingga khasiatnya juga sangat ampuh dan ajaib.

Resep #2

Jus Bit plus Cinnamon (kayu manis)

  • Ambil buah bit sebanyak 300 gram dan potong-p[otog
  • Satu sendok teh bubuk kayu manis atau cinnamon

Cara membuat jus:

Bit yang sudah di potong-potong dimasukkan kedalam blender (sesudah dibersihkan), Proses buah bit hingga keluar sari buahnya, masukkan kedalam gelas. Selanjutnya tambahkan bubuk kayu manis dan di aduk merata. Sajikan segera!

Selain mendapatkan manfaat dari buah bit anda juga bisa mendapatkan khasiat dan manfaat dari kayu manis.

Baca juga: Sayuran paling bergizi

Resep #3

Jus buah Bit campur Wortel

Bahannya adalah:

  • Buah bit 200 gram
  • wortel 200 gram
  • 1 buah jeruk lemon

Cara membuat jus buah bit:

Bahan yaitu buah bit dan wortel dimasukkan dalam jus extractor, proses hingga sari dari bahan itu keluar dan tampung pada tempat khusus. Peras lemon dan campurkan dengan sari buah bit tadi, aduk merata. Siap diminum, ini sangat baik untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami karena akan mengelurkan racun dalam tubuh.

Resep #4

Jus bit + brokoli dan wortel

Bahannya:

  • Buah bit sebanyak 200 gram
  • Wortel sebanyak 200 gram
  • Brokoli sebanyak 100 gram

Cara membuat jus bit brokoli dna wortel

Cuci bit dan wortel dan masukkan kedalam jus extractor, masukkan juga sayuran brokoli, kemudian proses hingga mengeluarkan sarinya. Tampung dalam gelas dan sajikan segera.

Campuran 3 bahan alami ini akan memberikan banyak khasiat bagi kesehatan. Brokoli adlah sayuran tinggi folat, wortel kaya vitain A dan bit kaya zat besi dan antioksidan. Gabungan 3 jenis bahan ini sangat direkomendasikan untuk kesehatan yang prima.

Resep Jus Bit #5

Jus bit untuk Kanker

Bahan bahannya:

  • Satu buah bit ukuran sedang
  • Anggur sebanyak 100 gram
  • Sirup gula satu sendok makan
  • Air dingin 200 ml

Cara membuat jus bit untuk kanker:

Kupas buah bit dan potong-potong, buang biji anggur, dan masukkan kedalam blender, Masukkan air dan blender hingga halus. Tuang kedalam gelas dan sajikan selagi masih dingin. Gabungan antara Bit dan anggur bisa menambahkan jumlah antioksidan sehingga bisa membunuh sel kanker. Ini berguna baik untuk mencegah atau untuk mengobati sel kanker.

Resep #6

Jus buah bit untuk anemia

Bahan Bahan:

  • Bit sebanyak 200 gram
  • Sawi putih sebanyak 100 gram
  • Anggur sebanyak 200 gram

Cara membuat jus bit untuk Anemia

Cuci buah bit dn kupas, potong-potong, cuci sawi putih. Masukkan kedua bahan ini dalam jus extractor. Masukkan buah anggur yang sudah di bersihkan dari bijinya. Proses hingga mengeluarkan sarinya, anda bisa juga memblender seperti biasa. Minum segera sebelum lama untuk menjaga agar nutrisinya tetap sehat.

Ini adalah kombinasi sayuran kaya zat besi yang baik untuk mencegah dan mengobati anemia. Bit kaya zat besi bermanfaat untuk mematang sel darah merah. Sawi putih kaya terhadap asam folat dan anggur sangat baik untuk menignkatkan metabolisme.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here