BERBAGI
Cara Membaca Hasil USG

Cara Membaca Hasil USG | Ketika istri anda sudah hamil 6 bulan tent anda pernah ke dokter kandungan untuk memeriksa kandungan. Tentu anda dan semua orang lain bahagia dan ingin tahu bagaimana janin dalam kandungan. Ketika sampai ditempat dokter kandungan, anda diperksa dengan menggunakan pemeriksaan USG dan dokter memberikan gambar hasil usg tersebut.

Dengan rasa senang anda pasti ingin tahu bagaimana hasil usg dan menebak-nebak apa yang sedang dilakukan bayi. Namun, apakah anda tahu cara membaca hasil usg tersebut. Banyak orang belum tahu bagaimana membaca hasil pemeriksaan usg. Jika demikian ikuti terus artikel ini.

Apa Itu USG?

USG atau ultrasonografi merupakan sebuah bentuk pemeriksaan ibu hamil yang penting untuk dilakukan. Melalui pemeriksaan USG dokter bisa membaca keadaan bayi dalam kandungan bahkan bisa mengetahui jenis kelamin serta pertumbuhannya.

Untuk mengetahui hasil usg dengan baik, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Tent ketika anda melihat gambat bayi tersebut, anda hanya melihat warna putih, hitm atau abu-abu dan menebak bagian tubuh janin. Tahukah anda, apa arti warna itu semua. Perhatikan yang berikut ini:

  • Warna hitam itu adalah cairan
  • Sementara warna abu-abu artinya jaringan
  • Dan warna putih adalah tulang

Baca lagi: Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

Cara Membaca Hasil Pemeriksaan USG

Ketika anda meperhatikan gambar janin, warna yang mendominasi adalah warna abu-abu. Itu adalah jaringan rahim anda, dan warna hitam yang anda lihat adalah cairan ketuban yang mengelilingi keberadaan janin. Jadi, janin berada di tengah-tengah warna itu. Nah, sekarang anda pasti sudah tahu cara membca hasil usg? Namun, ada hal lain yang lebih penting anda perhatikan agar hasil usg terbaca dengan baik. Apa itu? Orientasi.

Ketika membaca hasil usg, perhatikan juga orientasi gambar. Jika anda sudah mengetahui orientasi gambar, maka anda akan menemukan letak janin dengan baik.

Jadi, teknik ini penting untuk mengetahui posisi kepala bayi, apakah masih di atas atau sudah berada di bawah, menghadap kekiri atau kekanan, disini anda bisa mencari posisi tulang belakang byi.

Nah, setelah membaca janin melalui warna dan orientasi gambar, apa yang anda dapatkan dari itu? Hasil dari membaca usg, seseorang bisa mengetahui beberapa hal sebagai berikut:

1. karakteristik bayi Anda

Ketika pertamakali melakukan usg di usia kehamialn 6-10 minggu, anda sudah bisa melihat calon janin dalam bentuk gumpalan. Pada usia 12 minggu, anda sudah bisa menemukan kepala bayi ketika memeriksa dengan usg. Sementara ketika janin berusia 20 minggu, anda sudah bisa melihat jantung, mata, kaki, hidung, dan tulang belakangnya serta jenis kelamin. Namun, kejelasan gambar juga sangat tergantung pada posisi dokter mengambil gambar.

Baca juga: Sakit Dibawah Perut

2. Jenis kelamin bayi

Selanjutnya, hal yang anda ketahui dari hasil usg adalah jenis kelamin bayi. Ini tentu sesuatu yang sangat di tunggu-tunggu oleh orang tua. Untuk mengetahui jenis kelamin, pmeriksaan usg harus dilakukan ketika usia kandungan sudah 18 minggu – 22 minggu. Jika usia janin masih 14 minggu, maka dokter akan sulit membedakan dan mengetahui jenis kelaminnya.

Disamping itu, faktor posisi bayi juga sangat berpengaruh untuk bisa melihat alat kelamin bayi dengn jelas.

3. Mengetahui kelainan bayi dalam rahim

Selanjutnya, manfaat melakukan pemeriksaan usg adalah untuk mengetahui apakah pertumbuhan janin dalam kandungan baik atau tidak. Lewat usg dokter mengetahui struktural janin, kelainan jantung bawaan, bibir sumbing, spina bifida, dan lain-lain. Jika perkembangan janin mengalami gangguan, maka dokter akan menyarankan pemeriksaan lebih lanjut. Misalnya pemeriksaan amniosentesis dan CVS, tujuannya adalah untuk memeriksa kelainan kromosom bayi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here