SHARE

Mengkonsumsi semangka secara berlebihan ternyata tidak baik juga baik kesehatan. Memang, sebenarnya makan semangka mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh karena banyaknya kandungan vitamin A, vitamin C dan antioksidan mampu mendetoksifikasi tubuh.

Tetapi lain halnya kalau anda mengkonsumsi semangka dalam dalam jumlah berlebihan. Ternyata buah ini tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu berlebihan. Berikut kita lihat alsannya.
Makan Semangka Secara berlebihan buruk untuk kesehatan

1. Menyebabkan gastrointestinal

Likopen adalah salah satu zat dalam semangka. Mengkonsumsi likopen melebihi 30mg bisa berakibat tidak baik bagi pencernaan. The American Cancer Society melaporkan bahwa tubuh yang mendapatkan pasokan likopen lebih dari jumlah itu akan mengalami mual, perut kembung, muntah dan diare.

2. Hiperkalemia

Kenapa anda tidak boleh makan semangka dalam porsi banyaka adalah karena bisa menyebabkan Hiperkalemia. Semangka adalah buah yang banyak mengandung potasikum dan ia bermanfaat untuk mentabilkan darah. Tetapi kalau potasium ini berlebihan maka efek kesehatan sungguh tidak baik. Kelebihan potasium bisa mengakibatkan detak jantung tidak teratur, serangan jantung dan bisa mengakibatkan denyut nadi lemah.

Tak hanya itu sahabat tanyoe! Kelebihan potasium juga bisa mengakibatkan masalah ginjal yang serius.

3. Menyebabkan impotensi

Mengkonsumsi semangka dalam jumlah sedang (medium) memang sangat baik untuk kesehatan bahkan baik kaum lelaki. Tak hanya itu, ada yang mengatakan bahwa semangka adalah viagra dari alam. Tetapi tahukah anda bahwa mengkonsumsi terlalu banyak semangka ternyata buruk untuk kaum lelaki. Semangka mengandung banyak oksida nitrat yang mempengaruhi pembuluh darah dengan cara melebarkan pembuluh darah.

Ketika ini terjadi, maka untuk membuat ereksi butuh waktu yang lama.

Tak hanya itu, bagi mereka yang alergi terhadap latek, wortel, mentimun, dan seledri juga bisa menyebabkan alergi terhadap semangka. Karena buah berair ini mengandung dehidrogenase malat, isomerase fosfat triose dan profiling yaitu zat yang merangsang alergi.

Itulah bahayanya mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang banyak. Maka, perlu kita menerapkan pola makan seimbang atau pola makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.[merdeka.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here