Home Kesehatan Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa (Tensi Normal)

Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa (Tensi Normal)

tekanan darah normal

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah untuk di kirimkan ke seluruh tubuh. Berapa tekanan darah normal seseorang agar kinerja tubuhnya normal dan berapa tekanan pada orang dewasa agar tubuhnya tetap berfungsi dengan baik.

Tekanan Darah Normal

Tubuh akan berjalan dan bekerja dengan normal manakala tekanan darah seseorang normal. Tekanan darah normal pada orang dewasa biasanya 120/80 mm Hg. Angka 120 adalah kuatnya jantung memompa darah untuk di transfer ke seluruh tubuh dan tekanan ini disebut dengan tekanan darah sistolik. Sementara angka 80 adalah kuatnya tekanan darah saat jantung beristirahat sebentar sebelum kembali memompa darah, ini disebut dengan tekanan diastolik.

Tekanan darah seseorang masih dikatakan normal apabila masih berada pada angka 140/90. Namun, angka ini tidak monoton dan mutlak. Jadi, tekanan darah normal bisa saja berada di atas angka tersebut atau di bawah, karena tensi darah juga tergantung pada tingkat emosional dan jenis aktivitas anda. Jadi, anda belum pasti dikatakan tidak sehat jika angk melebihi angka normal, yang penting kelebihan angka itu tidak konsisten tinggi atau rendah dalam masa yang lama.

Namun, jika tekanan darah terlalu lama diatas angka normal dan terlalu lama di bawahnya maka anda bisa di katakan menderita hipertensi atau hipotensi (tekanan darah rendah).

Lebih Lanjut Tentang Hipertensi dan Hipotensi

1. Hipertensi

Apabila tekanan darah seseorang melebihi angka 120/80, maka anda beresiko terhadap hipertensi atau pra hipertensi. Nah, ketika tekanan darah sudah 140/90 atau lebih, anda sudah bisa di katakan penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Namun banyak orang tidak menyangka kalau tekanan darinya sedang berada pada tekanan darah tinggi karena tidak menampakkan gejala gejalanya.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang apabila tidak di kelola atau di tangani dengan baik, maka bisa mengakibatkan stroke atau serangan jantung, mengganggu penglihatan dan bisa menyebabkan fatalnya atau gagal organ seperti ginjal.

Baca: Makanan Penurn Tekanan Darah Tinggi

Diantara faktor pendukung terhadap hipertensi adalah penyakit jantung, diabetes, merokok, usia diatas 55 tahun, alkohol, jarang berolahraga, suka makanan asin, serta rendah kalium, kalsium, dan magnesium. Jadi mereka yang menderita itu akan lebih beresiko terhadap tekanan darah tinggi, jika tidak mengontrol kesehatan dan makanannya.

Memiliki keluarga yang pernah terkena tekanan darah tinggi juga menjadi faktor pendukung terhadap hipertensi.

2. Hipotensi

Hipotensi adalah kebalikan dari hipertensi. Seseorang dikatakan mengalami hipotensi jika tekanan darahnya dibawah 90/60. Tekanan darah rendah tidak sama dengan tekanan darah tinggi karena ia tidak berbahaya selama tidak ada gejala seperti mual, pusing, haus, lelah, mta kabur, napas cepat, depresi dan kurang konsentrasi atau pingsan.

Namun perlu di perhatikan, jika tekanan darah terlalu rendah maka berbahaya juga karena bisa merusak rusak otak dan jantung.

Baca juga: Penyebab Tekanan Darah Rendah

Hal-Hal yang Memicu Tekanan Darah Rendah

  • Dehidrasi
  • Anemia
  • Kehamilan
  • Penyakit Addison (tidak seimbang hormon)
  • Infeksi parah
  • Kehilangan banyak darah (kecelakaan)
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Menggunakan obat tertentu seperti obat Parkinson, obat anti depresi, Viagra dan sejenisnya, dan obat yang mempengaruhi otot pembuluh darah.
  • Gangguan pada jantung

Cara Menjaga Tekanan Darah Normal

Olahraga

Aktivitas olahraga yang teratur bisa membantu mengontrol tekanan darah tetap normal. Dengan olahraga teratur membuat jantung kuat dan terhindar dari obesitas yang merupakan salah satu faktor pemicu tekanan darah.

Menggunakan garam secara seimbang

Ingat! kelebihan garam darah tubuh bisa meningkatkan resiko hipertensi. Tubuh kita hanya membutuhkan 500mg garam perharinya. Penelitian terbaru menganjurkan agar kita membatasi garam maksimal 2400mg/hari.

Makanan sehat dan gizi seimbang

Untuk terhindar dari hipertensi, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, kan, buah-buahan, unggas, kacang, susu renda lemak dan biji-bjian.

Hindari mengonsumsi alkohol

Alkohol adalah minuman tidak sehat yang harus bisa memicu dan memperbrk kesehatan termasuk meningkatkan resko tekanan darah tinggi.