Home Kesehatan Benjolan di Ketiak, Apakah Berbahaya?

Benjolan di Ketiak, Apakah Berbahaya?

6
SHARE
Benjolan di ketiak

Pernahkah anda merasakan munculnya benjolan di ketiak? Biasanya kondisi ini terjadi tatkala anda seorang wanita mengalami masa haidh atau ketika sakit. Nah, apakah benjolan tersebut membahayakan atau tidal?

Benjolan di ketiak bisa saja di alami wanit tau priam namun wanita lebih sering mengalami masalah ini terutama saat menstruasi atau infeksi. Anda tidak perlu khawatir dengan benjolan tersebut karena benjolan itu akan menghilang setelah berlalunya menstruasi atau ketika kondisi tubuh anda sudah membaik.

Benjolan di ketiak yang anda alami itu terjadi karena adanya pembengkakan di bagian bawah ketiak yaitu kelenjar getah bening. Bentuknya lonjog dan kecil, namun dalam kondisi tertentu seperti infeksi kelenjar ini bengkan dan menyebabkan munculnya benjelon.

Munculnya benjolan di ketiak juga bisa berasal dari skin tag yang terus bergesekan dengan pakaian anda. Anda tidak perlu cemas dan khawatir dengan masalah ini. INi sama sekali tidak berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus oleh ahli medis. Selain beberapa faktor penyebab benjolan ketiak di atas, benjolan pada ketiak juga bisa terjadi karena kista, infeksi bakteri, alergi, iritasi atau karena penggunaan deodoran yang kurang cocok.

Walaupun kami katakan tidak berbahaya, namun ada benjolan yang merupakan gejala penyakit serius. Untuk itu, jika anda ragu dengan apa yang anda lihat, segera konsultasi dengan dokter.

Diantara gejala serius dari munculnya benjolan di ketiak adalah seperti infeksi virus, reaksi buruk terhadap vaksinasi, fibroadenoma atau pertumbuhan abnormal jaringan fibrosa, namun tidak bersifat kanker. Kemudiana juga berbentuk kanker payudara, limfoma: kanker sistem getah bening dan Leukemia yaitu kanker darah pada sumsum tulang.

Pemeriksaan Benjolan di Ketiak

Bila perlu pemeriksaan terhadap benjolan pada bawah ketiak anda, maka dokter akan melakukan pemeriksaan dengan cara menanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan pembentukan benjolan. Ia juga akan menanyakan apakah ada rasa sakit, nyeri atau merasakan keanehan selama perkembangan benjolan tersebut. Begitu juga dengan hal anda yang lain seperti apakah anda sedang menyusui atau pernah mengalami penyakit tertentu sedikit sebelum muncul benjolan atau sesudah muncul benjolan.

Namun, jika dokter menganggap perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut, ia akan mencanangkan anda untuk:

  • Melakukan cek up darah lengkap
  • Mamogram untuk mengetahui bentuk benjlan dengan pasti
  • Melakukan tes alergi
  • Bopsi, pengambilan sampel pada benjolan tersebut untuk kemudian di periksa secara laboratory.

Penangan Terhadap Benjolan yang Muncul di Ketiak

Ini harus ddilakukan dengan hati-hati dan mengetahui penyebabnya. Namun, benjolan seperti yang dijelaskan di atas anda tidak butuh pengobatan khusus karena tidak berbahaya. Obat pereda rasa nyeri dan komres dengan air hangat biasanya bisa memberikan rasa lega dari sakit.

Jika benjolan itu terjadi karena alergi, maka anda harus menghindari makanan atau benda yang menyebabkan alergi. Kalau akibat infeksi jamur, anda bisa mengoatinya dengan anti biotik.

Kalau gejala benjolan di ketiak setelah di periksa ternyata kanker, maka anda perlu pengobatan khusus yang baik untuk itu. Anda harus melakukan operasi jika perlu, terapi atau kemoterapi. Secara tradisional anda bisa mengambil manfaat daun sirsak untuk basmi kanker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here