Home Travelling Batu Karang Laut Terunik di Dunia

Batu Karang Laut Terunik di Dunia

1488
0
SHARE
batu karang unik didunia
@merdeka.com

Tanyoe.com – Batu Karang Unik Manca Negara – Kolom basal adalah jenis batu karang yang biasanya terdapat di pinggiran pantai bebatuan. Kolom basal terbentuk karena adanya proses vulkanik dimasa lalu. Sebahagian kita berpikir mungkin batuan ini adalah hasil buatan manusia. Ternyata bukan, ini adalah hasil dari perubahan alam akibat proses vulkanik. Kolom Basal mempunyai aneka ragam bentuk, ada yang seperti prisma, balok bahkan ada juga yang berbentuk sisik-sisik yang semuanya menampilkan keindahan tersendiri bagi yang memandangnya.

Beiriku kami merangkum 5 batu karang unik yang terdapat di dunia.

Batu Karang Unik Didunia

1. Ghenh Da Dia, Vietnam

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai dengan batu karang uniknya, anda harus datang ke Vietnam. Ghenh Da Dia adalah batu karang unik yang memenuhi tepi pantai An Ninh Dong, Tuy An, Provinsi Phu Yen, Vietnam. Tepi pantai ini di lindungi oleh ribuah batu karang yang berbentuk prisma. Batu karang ini disebut dengan nama Ghenh Da Dia, ini dikarenakan bentuk permukaan batu karang menyerupai piring makan yang datar. Ghenh Da Dia di artikan dengan “tebing piring makan”.

Berdasarkan info dari situs vietnam tourist, batu karang prisma ini terbentuk dimasa lampau akibat letusan gunung berapi. Batu karang Ghenh Da Di tersusun berjejer di pinggiran danau di pinggiran laut. Dauan ini tidak pernah kering, berdasarkan info setempat bahwa airnya berasal dari sungai bawah tanah.

batu karang ghenh da dia

2. Tebing Jusangjeolli, Korea Selatan

Tebing Jusangjeolli adalah formasi batu karang yang menghiasi pantai selatan Pulau Jeju, Korea Selatan. Penduduk setempat juga menyebutkan batu karang heksagonal ini dengan nama Batu Jisatgae. Karang unik ini sering disebut Giant’s Causeway-nya Korea Selatan. Tebing Jusangjeolli juga sama dengan karang Ghenh Da Dia yaitu terbentuk dari letusan Gunung, disini adalah meletusnya gunung Hallasan, gunung utama yang berada di sekitar Pulau Jeju pada zaman purba.

batu karang unik

3. Los Organos, Spanyol

Di Sponyol juga terdapat batu karang unik layaknya di koreas selatan, batu karang unik ini terdapat di pantai La Gomera, batu karang ini dinamai dengan Los Organos. Bukan tak beralasan kalau batu karang ini dinamakan dengan los Organos, batu karang unik ini terbentuk laksana pipa-pipa besar yang berdiri tegah menjulang dilereng gunung batu.

Sama seperti Ghenh Da Dia, batu karang ini juga terbentuk karena proses vulkanik yang terjadi jutaan tahun lalu. Letusan materi vulkanik yang kuat membuat endapan lava berubah bentuk menjadi pilar-pilar karang dengan ketinggian mencapai 800 meter.

4. Giants Causeway, Irlandia

Giant’s Causeway mungkin merupakan batu karang unik yang paling terkenal didunia. Batu karang Giant’s Causeway adalah kolom basal yang memiliki banyak bentuk seperti prisma, ada yang seperti prisma segi lima, segi empat, segi enam bahkan berbentuk segi 7 dan 8. Batu karang Giant’s Causeway terletak di pantai laut irlandia utara.

Baca: 5 sumur terindah didunia

Berdasarkan info dari UNESCO World Heritage Centre, bahwa kolom basal unik ini terjadi akibat dari letusan gunung berapi dimasa purba. Ini berbeda dengan info yang berkembang dimasyarakat yang mengatakan bahwa batu karang unik atau kolom basal ini terbentuk dari kerusakan jembatan batu yang dibangun raksasa dimasa purba.

Sementara informasi dari Atlas Obscura, legenda kuno Irlandia menyebut bahwa karang ini merupakan ujung dari sebuah jembatan besar kuno yang menghubungkan Irlandia dan Skotlandia. Konon ujung dari jembatan ini adalah Gua Fingal di Skotlandia yang juga memiliki ciri khas kolom-kolom basal berbentuk prisma segi enam.

5. Watu Ulo, Indonesia

Batu karang unik lainnya yaitu batu basal yang ada di pantai Indonesia, jember jawa timur, yaitu pantai ular yang dalam bahsa jawa disebut dengan Watu Ulo (batu Ular), inilah alasan dinamakan batu karang unik ini sebagai watu ulo. Batu bersisik laksana sisik ular ini berbentuk memanjang dari pingir pantai hingga bibir lautan.

Tapi sayang, Indonesia belum melakukan penelitian tentang asal muasal batu unik di pantai WATU ULO ini. Namun berdasarkan cerita rakyat, ini adalah jelmaan dari tubuh ular naga yang terbelah. Ekor dan kepala naga tersebut tersebar di dua pulau lainnya.

Batu karang unik di Indonesia

Demikian informasi ini hari ini, ikuti terus informasi unik lainnya di tanyoe.com. Batu-batu karang unik dengan aneka bentuk yang tersebar di seluruh dunia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Batu ini benar-benar unik dan menjadi landscap pemandangan yang indah, ternyata batu unik ini terbentuk dari proses alam bukan karena dibuat manusia (lagian siapa yang mau buat seperti itu). Subhanallah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here