Home Kesehatan Bahaya Tidur Memakai Kipas Angin

Bahaya Tidur Memakai Kipas Angin

98
0
SHARE
bahaya tidur memakai kipas angin
@ninixnews.com

Bahaya Tidur Memakai Kipas Angin – Tidur dengan menggunakan kipas angin sudah lumrah dan seringkali di praktekkan oleh banyak orang terutama ketika suasana terasa panas, padahal tidur dengan kondisi seperti ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Lantas apa bahayanya? Yuk kita simak yang berikut ini

Bahaya Tidur Memakai Kipas Angin

1. Kekurangan OKsigen bagi tubuh

Kalau anda tidur memakai kipas angin yang dinyalakan langsung atas badan yaitu pada wajah anda dan anda dalam ruangan tertutup, maka anda perlu tahu bahwa tubuh anda akan kekurangan oksigen. Angin yang dikipas oleh kipas angin tidak akan bisa di gunakan oleh tubuh dengan sebaiknya, karena udara yang di putar itu adalah udara yang sama dan tidak berganti dengan udara baru. Ini membuat sistem pernafasan tidak bisa menghirup udara dengan leluasa karena udara ang ada disekiar anda adalah udara yang telah anda gunakan sekali atau bahkan beberapa kali. Ini akan menyebabkan tubuh anda kekurangan oksigen.

2. Suhu tubuh menurun drastis

Bahaya tidur memakai kipas angin selanjutnya adalah menurunkan suhu tubuh. Ketika anda berada dalam kipas angin terus menerus tentu anda akan merasakan suhu tubuh yang menurun, pada pase pertama ini mungkin tidak ada masalah apa-apa, namun kalau kondisi ini terus berlanjut bisa saja pada saat tertentu tubuh anda bisa drop dengan kondisi suhu tubuh yang turun drastis.

Keadaan ini bisa terjadi apabila tekanan darah dan pernafasan kita terganggu dan akan memberikan dampak yang fatal bagi kesehatan sebab bisa mengganggu fungsi jantung dan paru-paru.

3. Dehidrasi

Berikutnya, bahaya tidur memakai kipas angin adalah muncul dehidrasi tubuh. Masalah dehidrasi pada orang yang tidur dibawah kipas angin pernah dijabarkan oleh Dr. Wendra Ali, soerang ahli syaraf.

Beliau mengatakan bahwa seseorang yang berada dalam udara dingin dalam waktu lama tubuhnya akan akan kekeringan akibat dari hawa dingin yang menyerap air dalam tubuh. Kalau kondisi ini terjadi sepanjang hari atau sepanjang malam maka tubuh kita akan merasa kehausan dan kekeringan yang parah karena menurunnya kelembaban tubuh bahkan bisa terjadi dehidrasi atau lebih prah lagi yaitu hipotermia.

Baca juga: Terong ungu bermanfaat untuk tulang

4. Munculnya Gejala Hipotermia

Hipotermia adalah penyakit yang biasanya terjadi pada orang yang tinggal di daerah dataran tinggi dengan suhu yang realtif dingin. Namun jangan salah, penyakit ini bisa juga terjadi orang dataran rendah apabila udara tubuhnya sangat dingin.

Apabila kedinginan ini terus menerus bisa menyebabkan mengerutnya pembuluh darah sehingga boleh terjadi putusnya aliran darah kejantung, ke jari-jari, jari kaki, dan ketelinga. Tubuh akan menggigil karena tubuh gagal menjaga suhu normal dalam tubuh. Gejala hipotermia bisa terjadi bila suhu tubuh kurang dari 36 derajat celcius dan dikatakan dengan mengindap hipotermia kalau suhu tubuh sudah kurang dari 32 derajat C. Ingat! Ini adalah suhu tubuh bukan suhu ruangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here