SHARE
carpal tunnel syndrome-bahaya sering bermain komputer

Bahaya sering bermain komputer – Bagi seorang blogger, penulis, karyawan, atau teknisi komputer dituntut untuk selalu berkutat dengan komputer atau laptop. Bekerja lama dengan kompuer mengharuskankia untuk terus menekan-nekan tombol keyboard komputer.

Nah, ternyata bermain dengan keyboard ini ada masalah yang berefek pada kesehatan tubuh. Kalau anda sering berlama-lama menggunakan keboard mungkin anda pernah merasakan rasana neri pada jari tangan atau seperti kesemutan. Ini adalah akibat dari terjepitnya saraf pada pergelangan tangan.

Masalah kesehatan ini disebut dengan istilah carpel tunnel syndrome. Banyak hal yang bisa menyebabkan carpel tunnel syndrome bisa karena saraf terjepit, anatomi pergelangan tangan, atau pola penggunaan tangan anda.

Bahaya Sering Bermain Komputer

Resiko sering bermain dengan komputer yang di andai dengan carpel tunnel syndrome ini ada gejala-gejalanya. Diantara gejalanya adalah:

1. Rasa nyeri pada jari jemari

Rasa nyeri pada jari ini disebabkan ketika menggunakan keyboard untuk mengetik ada mikroba tendenitis pada pergelangan dan jari. Dalam beberapa kasus rasa nyeri ini juga sampai terasa hingga lengan.

2. Pembengkakan pada tangan

Banyak orang yang menganggap pembengkakan ini adalah hal yang biasa-biasa saja karena bisa hilang dalam beberapa hari. Namun demikian bagi anda yang merasa ada pembengkakan pada tangan atau muncul benjolan seelah sekian lama anda berkutat dengan komputer. Hati-hati karena bisa saja ini adalah gejala dari carpel tunnel syndrome.

3. Lengan sakit ketika digerakkan

Bahaya sering bermain komputer juga termasuk lengan yang terasa sakit ketika digerakkan. Kalau anda merasakan masalah ini setelah lama menggunakan keyboard kompuer, maka coba untuk mengistirahatkan lengan tangan anda sejenak. Rasa sakit ini adalah akibat adanya saraf ang terjepit dalam waktu lama sehingga perlu di istirahatkan.

Baca: Makanan Tinggi Kolesterol

4. Jari kesemutan

Dalam beberapa kasus sering bermain dengan komputer juga bisa menyebabkan jari kamu terasa kesemutan. Ini juga diakibatkan saraf jari yang terjepit secara teruys menerus. Rasa sakit ini bisa saja bertahan lama hingga anda ketempat tidur.

5. Kesulitan mengenggam benda

Hal lain yang terjadi pada orang yang sering bermain dengan keyboard komputer adalah kesulitan dalam menggenggam. Tingkat kesulitan ini bisa beda-beda. Ada yang mengenggam barang namun karena adanya rasa sakit maka barang terkadang bisa jatuh dengan sendirinya.[mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here