SHARE
Bahaya Minum Air Putih Sambil Berdiri

Bahaya Minum Air Sambil Berdiri – Minum air putih sangat penting untuk kesehatan, dalam dunia kesehatan disarankan agar kita selalu memenuhi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Padahal, tidak hanya kecukupan air putih saja yang harus diperhatikan namun juga cara minum air putih.

Sebaiknya anda menjauhi minum air putih sambil bediri karea berbahaya bagi kesehatan. Dalam agama-pun bahkan disunnatkan untuk minum sambil duduk dan makruh hukumnya minum sambil berdiri. Ternyata di balik larangan minum air putih sambil berdiri mengandung hikmah tertentu. Berikut kita lihat apa saja bahaya minum air putih sambil berdiri.

Bahaya Minum Air Sambil Berdiri

1. Menyebabkan arthritis

Salah satu masalah kesehatan yang timbul karena sering minum air sambil berdiri adalah arthritis. Anda pasti bertanya, kok bisa? Begini penejelasannya. Ketika anda berdiri dan minum air maka keseimbangan cairan dalam tubuh terganggu sehingga cairan akan menumpuk pada setiap persendian anda. Ini akan menyebabkan peradangan pada sendi dan arthritis.

Bila anda menderita arthritis maka anda akan merasakan sakit dan pembengkakan. Pembengkakan yang disertai dengan sakit dan keterbatasan bergerak.

2. Haus tidak hilang-hilang

Bahaya minum sambil berdiri selanjutnya adalah rasa haus yang tak kunjung menghilang. Coba anda minum sambil duduk dan menikmati air sedikit demi sedikit pasti akan lebih mantap dan haus anda segera hilang. Ini adalah hkmah yang luarbiasa yang didapatkan manakala anda mempraktekkan cara minum yang sesuai dengan tuntunan agama.

Baca juga: Benjolan di ketiak, ketahui penyebabnya

3. Minum Air sambil Berdiri akan Mengganggu Pencernaan

Minum air sambil berdiri juga akan mengganggu sistem pencernaan. Tahukah anda bahwa minum sambil berdiri bisa membuat air yang dimimum keciprat pada dinding perut. Kecipratan ini tidak baik bagi kesehatan bahwa bisa mengganggu perut dalam jangka waktu yang panjang karena merusak dinding perut.

4. Mengganggu Ginjal

Bahaya minum air sambil berdiri juga bisa mengganggu kinerja ginjal. Ginjal tidak bisa menyaring air dengan maksimal bahkan menyebabkan penumpukan kotoran pada ginjal dan kandung kemih. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal untuk jangka panjang karena bisa merusak ginjal bahkan gagal ginjal.

5. Menyebabkan Uleser dan heartburn

Kalau anda minum air sambil berdiri maka air akan terciprat dengan sangat keras pada kerongkongan bagian bawah. Ini akan mengganggu serabut otot yang berbentuk cincin yag bekerja sebagai katub pembuka dan penutup. Selain itu, minum air sambil berdiri juga bisa menyebabkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam dalam lambung naik ke atas.

Bahaya lainnya adalah menyebabkan ulser dan heartburn yaitu penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Ini semuanya terjadi karena isi lambung naik ke kerongkongan atau esofagus.

6. Tidak bisa mengencerkan asam dalam lambung

Cara minum air yang terbaik adalah sambil duduk, sehingga air bisa mengencerkan zat asam dalam perut. Jadi, jika anda minum sambil berdiri maka proses pengenceran zat asam ini terganggu.

7. Minum sambil berdiri menyebabkan saraf-saraf menegang

Mungkin anda tidak menyangka hal ini, namun demikianlah kenyataannya. Maka minum air sangat di anjurkan untuk dilakukan sambil duduk. Minum secara duduk bisa mengkondisikan sistem parasimpatetik sehingga lebih rileks dan tidak menyebabkan ketegangan saraf.

Bagaimana? Sekarang sudah tahukan cara minum yang terbaik untuk kesehatan. Maka ayo kita praktekkan hidup lebih sehat dan indah dengan menjauhi minum sambil berdiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here