SHARE
bahaya es teh

Bahaya es teh bagi kesehatan – Es teh adalah minuman yang populer diberbagai tempat, bahkan sudah sejak dahulu minuman ini selalu menjadi kesukaan bagi anak muda atau orang tua. Es teh memiliki rasa manis serta efek dingin yang menyegarkan sehingga sangat nikmat di minum terutama ketika siang hari.

Kepopuleran es teh sudah mendunia, tak hanya kedai kecil saja seperti warung yang menyediakannya tetapi banyak restoran mewah juga menyediakan minuman murah dan segar ini. Saking terkenalnya minuman es teh bahkan ada motto yang tertulis di spanduk-spanduk “apapun makanannya minuman tetap es teh”. Ini semakin membuat gaung es teh dinikmati dan dijadikan sebagai minuman kegemaran.

Baca: cara sehat memasak wortel

Tahukah anda bahwa di balik manis dan segarnta es teh ternyata tersimpan bahaya besar bagi kesehatan. Semoga saja bagi anda yang tahu bahaya minum es teh segera meninggalkan minuman ini. Kalau anda belum tahu, terus lah membaca artikel ini karena kami akan mengupas tuntas tentang bahaya es teh bagi kesehatan terutama kesehatan ginjal.

Sebuah penelitian yang di lakukan di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine menegaskan bahwa mengkonsumsi minuman es teh berbahaya bagi ginjal karena bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Lantas apa yang terkandung dalam es teh sehingga menjadi momok menakutkan bagi ginjal? Es teh mengandung asam oksalat dalam ukuran tinggi dan ini menjadi penyebab munculnya batu ginjal.

bahaya es teh bagi ginjal
es teh segar

Bagi anda yang berpengalaman dengan batu ginjal, ini benar-benar menjadi malapetaka besar yang harus segara anda tinggalkan. Dr John Milner, asisten profesor Departemen Urologi dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa teh dingin atau panas sebenarnya sama saja, sama-sama memberikan potensi bagi batu ginjal. Hanya saja orang yang meminum teh panas tidak sebanyak teh dingin atau es teh. Es teh sangat menyegarkan dan bisa di minum dalam jumlah yang sangat banyak apalagi kalau sedang panas disiang hari. Maka potensi untuk batu ginjal leibh besar. Jadi, perbedaan hanya itu.

Jadi, bagi yang peduli dengan kesehatan ginjal sebaiknya tidak terlalu banyak minum es teh. Lebih baik kalau anda minum air putih saja atau air putih yang dicampurkan dengan perasan lemon. Perasan lemon mengandung citrates yaitu zat yang bisa mengurangi bahaya es teh karena bisa meminimalisir pembentukan batu ginjal.

batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam dan biasanya ditemukan dalam kandung kemih, kandung empedu atau dalam air kencing. Mineral ini biasanya keluar bersama dengan kemih dan ada juga yang membatu dan tinggal dalam emepdu dan kandung kemih.

Selain suka minum es teh ternyata ada kebiasaan lain yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Diantara makanan sehat yang juga berpotensi untuk ini adalah bayam, kacang-kacangan, coklat, garam dan daging.

Nah, sekarang pilihan tinggal pada anda masing-masing. Apakah anda akan tetap mengidolakan es teh atau anda lebih peduli dengan kesehatan anda. Mungkin secara arif kita ambil jalan tengah saja, kalau mau minum es teh, minumlah sesekali saja seperti seminggu sekali. Intinya segala sesuatu itu harus di konsumsi dalam jumlah yang moderasi atau pertengahan.

Itulah bahaya es teh bagi kesehatan ginjal. Jangan lupa share kepada teman lain agar mereka juga tahu. Thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here