BERBAGI
Apa Itu Pemeriksaan MRI

Salah satu bentuk pemeriksaan mutkhir dan modern untuk mengetahui kesehatan adalah pemeriksaan MRI atau magnetic resonance imaging. Bila anda ingin melakukan pemeriksaan ini maka anda harus tahu terlebih dahulu beberapa hal yang berkaitan dengan pemeriksaan mri.

Apa Itu Pemeriksaan MRI?

MRI adalah bentuk pemeriksaan kesehatan yang mengandalkan teknlogi magnet serta gelombang radio. Dengan menggunakan alat ini anda bisa melihat secaar detail bentuk dan organ tubuh bagian dalam. Jadi ini hampir sama dengan scanner. Uniknya, hampir semua bagian tubuh bisa di periksa dengan menggunakan alat canggih ini. Diantara organ dan bagian tubuh yang bisa di lihat adalah:

  • Tulang belakang dan otak
  • Sendi dan tulang
  • Jantung serta pembuluh darah
  • Payudara

Organ dalam tubuh seperti hati, kandung kemih, rahim, atau kelenjar prostat.

Nah, dengan mengetahui keadaan organ tubuh bagian dalam, teknologi MRI ini memungkinkan dokter untuk mengenal penyakit dan mengetahui bentuk pengobatan yang seharusnya di lakukan.

Baca juga: Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin K

Apa Persiapan Untuk Pemeriksaan MRI?

Untuk melakukan pemeriksaan mri tidak ada hal yang peru anda persiapkan, anda hanya perlu mask keruang pemeriksaan dan tim dokter meminta anda untuk menggantikan baju anda dengan baju khusus. Pemeriksaan ini menggunakan magnet, jadi semua barang yang terbuat dari logam harus di lepaskan. Pada kasus tertentu, pasien diberikan obat untuk langsung disuntikkan kedalam pembuluh darah tujuannya adalah untuk mengetahui dengan jelas gambaran organ dalam tubuh.

Ketika akan di periksa anda akan dimint untuk berbaring di atas alat mri. Alat pemeriksaan kesehatan ini berbentuk kapsul dan anda akan diminta untuk berbaring didalam kapsul ini selama masa pemeriksaan berlangsung.

Nah, selama pemeriksaan MRI berlangsung anda tidak boleh bergerak agar alat tersebut bisa membaca organ tubuh anda dengan baik. Biasanya pemeriksaan ini berlangsung selama 15 menit hingga 90 menit. Namun, anda diperkenankan untuk memberikan respon jika anda keluhan yang anda rasakan.

Apakah Pemeriksaan MRI Aman untuk Ibu Hamil?

Pemeriksaan mri beda denan rontgen yang berbahaya bagi janin dalam kandungan karena menggunakan sinar-x. MRI tidak menggunakan sinar X, ia menggunakan magnet jadi sangat aman untuk ibu hamil. Ibu hamil hanya perlu berbaring dalam kapsul dan biarkan alat MRI itu membaca tubuh anda.

Boleh Semua Orang Menjalani Pemeriksaan MRI

Walaupun pemeriksaan ini sangat aman dan tidak menimbulkan efek, bukan berarti ini bisa di lakukan oleh semua orang. Ada orang dengan kondisi tertentu tidak dibolehkan melakukan pemeriksaan ini.

Jadi, siapa yang tidak bisa melakukan cek MRI? orang yang menggunakan pen besi dalam tubuhnya seperti sambungan tulang atau lainnya. Pokoknya, mereka yang tertanam pen dalam tubuhnya tidak bisa menjalani pemeriksaan MRI karena bisa mengganggu kerja alat yang notabene menggunakan teknolgoi magnetik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here