Home Kesehatan 7 Pola Makan Buruk Selama Bulan Ramadhan

7 Pola Makan Buruk Selama Bulan Ramadhan

13
0
SHARE
7 Pola Makan Buruk Selama Bulan Ramadhan

Pola Makan Buruk Selama Bulan Ramadhan. Bulan ummat Islam kembali tiba, dalam bulan ramadhan berbagai aktivitas religius akan dilakukan ummat Islam demi mendapatkan pahala dari yang Maha Kuasa, bukankah amalan pahala dilipatgandakan oleh Allah selama ramadhan. OK, karena sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, maka perlu kita perhatikan beberapa kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan dalam bulan ramadhan. Kebiasaan buruk disini bukanlah mengenai hal-hal yang membatalkan puasa, melainkan pola makan.

Kebiasaan buruk ini adalah mengenai pola makan, tepatnya 7 pola makan yang buruk yang seringkali terjadi. Dalam bulan ramadhan ummat Islam hanya akan makan dua kali yaitu ketika berbuka puasa dan ketika sahur. Tentu pola makan yang biasanya 3 kali sehari akan berubah dan ini akan memberikan efek bagi pola makan manusia secara umum. Maka penting kami sampaikan disini bahwa ada 7 pola makan yang buruk yang perlu dihindari selama bulan Ramadhan.

Baca: tips sehat selama ramadhan

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang sering terjadi selama Bulan Ramadhan Tiba.

7 Pola Makan yang Buruk Selama Puasa

1. Terlau banyak makan ketika berbuka

Mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sekaligus waktu berbuka adalah kebiasaan buruk yang perlu dihindari. Ini buruk bukan dari sisi kesehatan saja, tetapi juga dari sisi Agama. Makan terlalu banyak secara langsung saat berbuka puasa bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan, karena terlalu beratnya kerja pencernaan secara serentak.

Maka sebaiknya ketika berbuka puasa memakan hanya sedikit makanan terlebih dahulu, atau makanan takjil dulu, setelah shalat maghrib baru makan berat atau makan nasi.

2. Makan makanan tinggi lemak

Selama puasa banyak orang suka dengan makanan berlemak jenuh seperti gorengan, dll. Padahal asupan lemak jenuh yang banyak justru akan membuat tubuh tak berdaya dan bawaanya malas melulu. Sebaiknya jauhkan makanan yang terdiri dari lemak jenuh selama bulan ramadhan, ganti gorengan dengan makanan panggang, ini akan lebih sehat.

3. Meningkatkanya konsumsi garam

Garam banyak dikonsumsi selama puasa akan mengakibatkan dehidrasi pada tubuh, maka ketika berbuka dan sahur sebainya kurangi asupan garam. Selain membuat tubuh dehidrasi selama puasa, garam yang berlebihan juga bisa mendatangkan rasa haus lebih cepat.

4. Mengkonsumsi makanan dengan gula berlebihan

Makanan manis atau buah manis kelihatan sangat menggoda selama puasa. Tetapi anda harus ingat bahwa makanan manis dalam bentuk apa saja (kecuali madu) akan mendongkrak lemak dan membuat tubuh anda gemuk selama Ramadhan. Maka hindari terlalu banyak makanan manis atau minuman manis selama puasa. Sebagai gantinya anda lebih baik mengkonsumsi air putih dan buah kering.

5. Sedikitnya mengkonsumsi buah dan sayur

Pola Makan yang Buruk lainnya selama puasa adalah kurang memperhatikan sayur, sehingga banyak makanan dan waktu makan yang tidak ada sayur, yang ada hanya daging, kuah berlemak atau rendang. Ini tidak baik bagi kesehatan. Sayur seharusnya menjadi makanan yang banda suka dalam kehidupan sehari-hari, apalagi kalau sedang puasa.

Sayur selama puasa akan memberikan vitamin dan serat yang sangat dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

6. Kurang minum

Karena sudah banyak makan waktu berbuka sehingga lupa atau tidak doyan lagi dengan minuman, padahal minuman selama berpuasa juga sangat penting bahkan lebih penting dari hari-hari biasa. Sebaiknya sebelum anda mulai makan, minum air dulu ketika berbuka puasa.

7. Melewatkan sahur

Pola makan yang buruk selama ramadhan juga termasuk meninggalkan sahur. Sahur sangat penting sebagai sumber energi dan nutrisi tubuh. Pilih makanan yang banyak mengandung serat selama puasa agar proses pelepasan energi tidak cepat dan menurunkan kecepatan pembakaran kalori. Makan juga yang banyak mengandung protein, ini bermanfaat untuk menunda rasa lapar.

Inilah 7 pola makan yang buruk selama puasa ramadhan yang harus dijauhi demi kesehatan tubuh yang baik. Bagikan artikel ini kepada kawan-kawan demi kelancaran puasa yang beberapa hari lagi tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here