SHARE
Manfaat Telur bagi Kesehatan

7 Manfaat telur bagi kesehatan. Mengkonsumsi lebih banyak telur akan membuat tubuh menjadi sehat. Anda makan telur tetapi tidak teratur? Seharusnya dari sekarang anda mengkonsumsi telur secara teratur untuk memperoleh kesehatan tubuh yang baik.

Kalau anda mau tahu, ini dia alasan kenapa anda harus makan telur lebih banyak.

7 Manfaat Telur bagi Kesehatan

1. Terhindar dari Stroke dan Penyakit Jantung

Memang ada kabar dan berita yang beredar dimasyarakat bahwa kuing telur sangat buruk bagi kesehatan, dengan mengatakan bahwa kolesterol dalam kuning telur bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Ada berita menarik bagi anda pecinta telur, ternyata menurut penelitian akhri-akhir ini menemukan bahwa tidak ada hubungan antara kuning telur dengan penyakit jantung dan stroke. Jadi mitos yang membuat masyarakat takut mengkonsumsi telur telah di gugurkan dengan penemuan ini.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin Tubuh

Dengan mengkonsumsi telur, maka tubuh kita mendapatkan banyak asupan vitamin, di antaranya adalah:

– Vitamin B2 atau riboflavin bermanfaat membantu tubuh Anda untuk memecah makanan menjadi energi.
– Vitamin B12 atau cobalamin bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah.
– Vitamin A atau retinol memegang peranan besar dalam menjaga penglihatan Anda.
– Vitamin E atau tokoferol membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan seluler dan mungkinkan menyebabkan kanker. Vitamin A dan B2 juga mempunyai manfaat untuk pertumbuhan sel. jadi, tidak ada asalan bagi anda untuk tidak mengkonsumsi telur.

Baca: Manfaat buah plum melangsingkan tubuh

3. Sumber mineral penting

Manfaat telur bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai sumber mineral. Mengkonsumsi banyak telur juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral seperti zat besi, seng, fosfor. Manfaat zat besi adalah untuk mengatur darah dan mencegah kelelahan serta mencegah anda dari cepat marah. Sementara Zinc bermanfaat untuk menguatkan ketahan tubuh dan sistem kekebalan.

Fosfor bermanfaat untuk kesehatan tulang, gigi. Disamping ini, masih ada lagi zat penting dalam telur yaitu yodium yang berguna untuk membuat jaringan tiroid, dan Anti oksidan yaitu zat penting dalam menghalau sel kanker dalam tubuh.

4. Telur mengurangi resiko kanker

Telur termasuk makanan terbaik yang harus anda konsumsi untuk terhindar dari kanker. Telur adalah sumber terbaik kolin. Dalam sebuah telur besar mengandung 33 % dari RDA tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan bahwa 25% wanita yang mengkonsumsi tinggi kolin ternyata lebih rendah terhadap resiko kanker payudara.

Baca: Manfaat daun kelor bagi kesehatan

5. Telur menjaga penglihatan tetap sehat

Selanjutnya, manfaat telur bagi kesehatan yang mengagumkan adalan menjadikan mata anda tetap sehat, bahkan dalam usia 80-an tahun anda masih bisa melihat dengan jelas. Ini berkat zeaxanthin dan lutein yaitu anti oksidan yang sangat penting dalam menangkal degenerasi makula.

6. Makanan terbaik untuk otot

Mengkonsumsi telur bisa memperbaiki otot-otot anda sehabis olahraga. Dalam telur mengandung asam amino tertentu yang bisa membantu penyerapan protein telur dalam tubuh.

7. Seporsi telur tiap hari mengecilkan pinggang

Mungkin tidak pernah anda bayangkan ya? Mengkonsumsi telur bukan membuat tubuh gendut, tetapi malah membuat tubuh anda ramping dan langsing. Kolesterol dalam telur berbeda dengan kolesterol dalam darah atau tubuh. Sampai sekarang tidak ada bukti yang mengatakan bahwa telur bisa meningkatkan level kadar kolesterol anda.

Inilah 7 manfaat telur bagi kesehatan tubuh, sehingga anda harus mengkonsumsi telur setiap hari. Mulai sekarang tidak alasan bagi anda untuk tidak mengkonsumsi telur dalam diet anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here