X

6 Makanan Khas Sulawesi Selatan

Kali ini tanyoe.com akan sharing tentang makanan khas sulawesi selatan. Jadi, jika anda kalan-jalan ke Makasar yaitu ibu kotanya sulawesi selatan tentu ingin menikmati makanan khas seul sel. Tentu di ibukotanya sulawesi selatan banyak tersedia makanan khasnya. Postingan kami buat untuk membantu siapa saja yang ingin mengetahui jenis makanan khas sulsel dan ingin menikmatinya, terutama buat mereka yang suka traveling.

Ok, sebelum anda jalan-jalan pelajari dulu kuliner khas sulawesi selatan sehingga anda tidak kehilangan momen indah menikmati makanan khas ini. Berikut lansung saja kami share jenis makanan khas sulawesi selatan.

1. Coto Makassar

Salah satu makanan khas yang wajib anda coba terutama bagi anda yang melakukan wisata kuliner adalah coto makasar. Memang makanan ini tersedia di banyak tempat di Indonesia, namun kurang sreet kalau mencicipi ditempat aslinya, Makasar.

Tahukah anda apa itu coto Makasar? Ini adalah makanan khas yang terbuat dari jeroa sapi dan dagingnya. Bahan-bahan jeroan ini di rebus dalam dalam air untuk mencuci beras bersama dengan kacang tanah yang sudah di haluskan. Namun tak mungkin hanya ini saja bumbu, tentu ada banyak bumbu lain yang digunakan sehingga rasanya khas dan enak dilidah. Cara menikmati coto makasar yang paling populer adalah dengan ketupat.

2. Jalangkote

Selanjutnya, makanan khas daerah sulawesi selatan adalah jalangkote. Ini adalah lengkap nutrisi, soalnya semua bahan ada didalam isinya. Kue ni mirip dengan kalangkote bahkan isi juga mirip yaitu mengandung wortel, telur rebus, daging, so’un, dan daging. Bahan-bahan ini tentu dimasak dan diberi bmbu sehingga rasanya semakin enak dan gurih.

Kendati mirip dengan pastel, namun memiliki perbedaan antara keduanya yaitu kulitnya yang lebih tebal serta tekstur. Selain itu, ada perbedaan lain yaitu pastel di nikmati dengan cabe rawet, sementara jalangkote dinikmati dengan saus yang bahan pembuatannya dari cuka dan cabe.

Baca juga: Daftar makanan mengandung vitamin K

3. Sop Konro

Salah satu makanan khas sulawesi selatan adalah Sop Konro, ini merupakan makanan sup yang citarasanya sangat kuat. Ia terbuat dari iga sapi dan daging sapi yang dimasak hingga sangat empuk. Sopini sangat khas dan enak karena menggunakan rempah rempah tradisonal seperti ketumbar, dan lain-lain. Makanan sop ini tidak hanya hadir dalam bentuk rebus namun juga tersedia dalam bentk bakar yaitu konro bakar. Dalam proses penyajiannya, iga sapi yang di bkar akan di sajikan dengan kuah. Ini pasti membuat anda semakin ketagihan dengan makanan unik dari sulawesi selatan.

4. Nasu Palekko

Nasu Palekko adalah daging bebek atau sapi yang di bumbui dengan beragam rempah dan rasanya sangat gurih seperti rendang. Selain menggunakan daging sapi, makanan ini juga populer dibuat dengan daging bebek.

Baca: Makanan yang baik untk Ibu Hamil

Jika menggunakan daging bebek, maka penggunaan bebek harus yang masih muda agar dagingnya nanti bisa empuk dan enak. Beberapa tempat yang bisa di temukan Nasu Palekko adalah di pangkajene, pirang, kabupaten wajo dan pinrap.

5. Pisang Epe

Pisang Epe adalah jenis makanan ringan sulawesi selatan yang membuat anda lupa ngemil. Dari namanya saja kita tahu bahwa bahan dasar pembuatan camilan ini adalah pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang kepok setengah matang dan dibakar diatas bara api sambil sesekali di bolak baliknya. Selanjutnya, pisang ini di tekan hingga pipih dan selanjutnya dibakar lagi di atas bara hingga warnya kecoklatan. Nah, setelah pisang ini matang kemudian di letakkan di atas piring dan disirami dengan gula cair merah.

6. Kapurung

Kpurung adalah makanan yang mirip dengan papeda yaitu makanan khas papua dan maluku. Kapurung adalah makanan khas sulawesi namun nuansanya mirip papeda. Makanan khas ini di buat dari sagu yang dimasak dengan ikan atau daging. Kapurung memang makanan tradisional namun keberadaannya sangat populer di sulawesi selatan. Beberapa daerah yang bisa anda dapatkan kapurung adalah palopo, luwu utara, kabupaten luwu, dan luwu timur.

Baca: Cara membuat jus tomat

Categories: Makanan