Home Kesehatan 6 Cara Menghilangkan Stres Kronis

6 Cara Menghilangkan Stres Kronis

98
SHARE
cara menghilangkan stres

6 Cara Menghilangkan Stres Kronis – ada sering mengalami stres ketika berbagai masalah hidup tak kunjung selesai. Mungkin anda harus membaca ini sampai tuntas. Stres adalah dorongan seseorang terhadap emosional dalam masa tertentu yang membuat seseorang tidka bisa mengendalikan dirinya.

Stres sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi stres kronis yaitu kondisi emotional yang sudah amburadul dan tidak bisa memahami dirinya sendiri sehingga lepas kontrol. Kondisi ini sangat buruk untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung, tekanan darah tinggi juga bisa terjadi kalau stres kronis terjadi dalam waktu lama. Bahkan bukan hanya itu, stres kronis juga bisa memperburuk kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan. Jadi, mutlak seseorang yang mengalami stres harus mengetahui cara menghilangkan stres dengan baik dan benar.

Berikut ada 6 cara menghilangkan stres kronis, semoga bermanfaat

Cara Menghilangkan Stres Kronis yang Menimpa Anda

1. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti makanan yang mengandung pemanis, makanan gorengan, soda dan minuman manis lainnya bisa memperburuk keadaan gula darah kalau dikonsumsi dalam jumlah yang over. Jadi, menghindari makanan cepat saji bisa menjaga kadal gula darah tetap baik dan sehat.

2. Hindari banyak kontak dengan gadget

Gadget adalah hasil perkembangan teknologi yang kini bisa membuat hidup semakin mudah. Tetapi dalam keadaan tertentu teknologi terkadang juga bisa menjadi masalah bagi kesehatan kita seperti stres yang tak kunjung menghilang. Gadget seperti handphone, laptop, televisi, mp3 player adalah barang harus anda hindari sejenak ketika anda merasakan akan stres.

Banyak penelitian mengakana bahwa ketika kita banyak terhubung dengan diri sendiri membuat kita lebih nyaman dan terhindari dari stres. Jadi, beri waktu untuk tubuh merasakan keadaan sekitar secara alami tanpa terhubung dengan gadget beberapa waktu.

3. Istirahat sejenak dari mengkonsumsi berita

Istirahat adalah hal penting yang harus dilakukan oleh seseorang untuk memberikan jatah tubuh rileks. Terlalu banyak berkutat dengan berita seperti membaca koran dan Tv juga bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Baca: Pentingnya Olahraga Ibu Hamil

Ketika membaca berita tentu ada berita-berita yang negatif yang terbaca. Ini akan menjadi efek buruk dan negatif bagi otak dan bisa menstimulasi terjadi stres kronik.

4. Membuat tubuh senyaman mungkin

Memposisikan tubuh senyaman mungkin adalah salah satu cara menghilangkan stres yang anda rasakan. Tubuh yang nyaman akan lebih bisa menerima keadaan ketimbang tubuh yang kaku dan tegang. tubuh kaku bisa memberikan respon negatif bagi sekitar, maka jagalah posisi tubuh dan bahasa tubuh yang baik setiap saat.

5. Berenang dilaut

Berenang adalah olahraga yang sangat penting dan bisa menghilangkan tingkat stres dalam tubuh. Kekakuan otot tubuh akan terasa lega dan rilek dengan ada renang dilaut.

Kenapa harus laut? Perlu diketahui bahwa peradangan otot dan sendi menjadi salah sebab stres kronis. Dan air laut yang dikenal dengan kadar garamnya bisa menormalkan peradangan tersebut.

Baca: Pentingnya yodium bagi ibu hamil

6. Jangan menahan air mata ketika menangis

Menangis akan mengeluarkan air mata, dan setelah menangis biasanya akan membuat anda terasa lepas dan bebas dan lebih santai. Jadi jangan pernah menahan air mata yang keluar, karena menahan air mata sama halnya dengan menahan racun dalam tubuh.

Demikian cara menghilangkan stres kronis. Jangan memelihara stres dan ketahuilah cara menghilangkan stres anda, agar hidup lebih santai dan tidak tertekan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here