SHARE
Makanan lebih sehat dimana secara mentah
obathipertensi.info

Sayuran adalah makanan sehat yang penting untuk tubuh. Tidak hanya karena kalorinya yang rendah, tetapi sayuran juga mengandung berbagai nutgrisi dan kaya serat sehingga peranannya dalam menjaga kesehatan tidak meragukan lagi.

Namun demikian, sayuran tertentu tidak baik untuk dimasak karena bisa menyebabkan nutrisinya hilang. Ini juga yang membuat beberapa orang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan dalam kondisi mentah atau dimasak setengah matang. Lantas, sayuran apa saja yang sangat sensitif terhadap suhu panas sehingga lebih sehat dimakan secara mentah? Yuk kita lihat sama-sama berikut ini.

Baca juga: Buah buahan paling sehat didunia

Makanan yang Sehat di Makan Secara Mentah

1. Mentimun

Mentimun adalah salah satu jenis makanan yang sensitif terhadap suhu panas, sehingga rasa segarnya apabila dimasak akan hilang. Tetapi tidak hanya itu saja karena nutrisinya juga akan hilang melalui uap. Maka, cara sehat mengkonsumsi mentimun adalah dengan memakannya secara mentah-mentah.

2. Wortel

Selanjutnya adalah wortel, sayuran ini juga tidak baik dimasak karena bisa menghilangkan sebagian besar nutrisinya. Cara terbaik mengkonsumsi wortel adalah dengan cara memakannya sebagai jus tanpa gula atau dengan mengonsumsinya secara mentah-mentah. Nutrisinya baik untuk kesehatan mata dan menjaga kekebalan tubuh tetap baik.

3. Tomat

Tomat adalah sayuran sehat yang mempunyai manfaat luarbiasa ketika dikonsumsi secara mentah. Mengkonsumsi tomat setelah dimasak membuat nutrisi dan gizinya terbuang percuma. Tomat adalah sayuran yang kaya antioksidan dan banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Maka, cara mendapatkan manfaat ini secara maksimal adalah dengan mengkonsumsi tomat secara mentah, baik dibuat jus atau dengan mengirisnya dalam nasi.

4. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah tinggi kandungan antioksidan dan bersifat penyembuhan. Salah satu manfaat bawang putih adalah menghilangkan kolesterol dalam darah dan berguna untuk kesehatan jantung. Namun, kalau dimasak bawang putih akan kehilangan sebagian besar nutrisinya.

Mengkonsumsi bawang putih memang memberikan bau mulut, namun anda tidak perlu khawatir karena bisa anda atasi dengan mengkonsumsi lemon atau peppermint.

5. Beetroot (buah beet)

Buah bit adalah umbi dari tanaman beet. Biasanya beet dikonsumsi dengan cara di jus, karena buah ini mampu mempertahankan nutrisinya setelah di jus. Manfaatnya luarbiasa bagi kesehatan, termasuk baik untuk menghilangkan sel kanker, membersihkan ginjal dan kantong empedu serta bermanfaat untuk menguatkan fungsi darah.

Demikianlah sederet makanan yang lebih sehat dimakan secara mentah ketimbang dimasak. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini setelah dimasak, namun nutrisinya tidak lagi maksimal untuk kesehatan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here