Home News 10 Tanda Kiamat Besar, Kiamat Kubra

10 Tanda Kiamat Besar, Kiamat Kubra

61002
0
SHARE
tanda kiamat besar

10 Tanda Kiamat Besar – Kiamat adalah hancurnya alam semesta raya, dan menjadi salah satu butir daripada 6 rukun iman dalam Islam. Artinya mengimani dan percaya kepada datangnya kiamat adalah wajib dan siapa saja yang tidak mengimani berarti belum sah imannya.

Kedatangan kiamat besar tidak ada seorangpun menetahui kapan akan terjadi, bahkan Rasulullah SAW. sendiri menjawab “yang ditanya tidak lebih tahu daripada yang bertanya” ketika ditanya oleh Malaikat tentang kapan terjadi kiamat kubra. Jadi, kalau ada orang yang meramal kapan terjadi kiamat, atau mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tanggal sekian, atau pada tahun 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2020, dan lain-lain bisa dipastikan bahwa itu hanya bohong dan dusta semata.

Namun, Rasulullah memberikan tanda akan datangnya hari kiamat. di antaranya ada 10 tanda kiamat besar atau kubra yang di sabdakan Rasulullah SAW.

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكُونَ عَشْرُ آيَاتٍ طُلُوعُ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَالدَّجَّالُ وَالدُّخَانُ وَالدَّابَّةُ وَيَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَخُرُوجُ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ وَثَلاَثُ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَنَارٌ تَخْرُجُ مِنْ قَعْرِ عَدَنِ أَبْيَنَ

“Tidaklah hari kiamat terjadi hingga hadirnya 10 tandanya, yakni terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya (barat), munculnya Dajjal, awan, dabbah, Ya’juj dan Ma’juj, keluarnya Isa bin Maryam, terjadinya tiga gerhana: gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di negeri Arab, serta api yang keluar dari dalam Qar ‘And Abyan.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

10 Tanda Kiamat Besar yang disebutkan Rasulullah SAW

1. Terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya (barat)
2. munculnya Dajjal
3. adanya awan khusus
4. munculnya dabbah
5. munculnya Ya’juj dan Ma’juj
6. keluarnya Isa bin Maryam
7-9. terjadinya tiga gerhana: gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di negeri Arab
10. api yang keluar dari dalam Qar ‘And Abyan

Tentang tanda kiamat besar turunnya Nabi Isa bin Maryam, ada hadis riwayat Bukhari yang berbunyi

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَنْزِلَ فِيكُمُ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا ، فَيَكْسِرَ الصَّلِيبَ ، وَيَقْتُلَ الْخِنْزِيرَ ، وَيَضَعَ الْجِزْيَةَ ، وَيَفِيضَ الْمَالُ حَتَّى لاَ يَقْبَلَهُ أَحَدٌ

“Hari kiamat takkan terjadi hingga turunnya Isa bin Maryam kepada kalian, menjadi hakim yang bijaksana. Maka ia akan menghancurkan salib, membunuh babi, meletakkan pajak dan harta melimpah ruah sehingga tak seorangpun yang menerimanya.” (HR. Bukhari)

Itulah 10 tanda kiamat besar atau kiamat kubra. Semoga kita menjadi hambaNya yang diberi taufik dan kesempatan untuk tubat sehingga menjadi hambaNya yang di ridhai-Nya.