Home Daun 10+ Manfaat Daun Pisang untuk Manusia

10+ Manfaat Daun Pisang untuk Manusia

manfaat daun pisang

Manfaat Daun Pisang – Kita sering menganggap daun pisang sebelah mata, mungkin kita hanya menggunakannya sebagai pembungkus makanan. Padahal, daun pisang memiliki manfaat yang lebih dari itu yaitu untuk kesehatan manusia. Manfaat daun pisang tidak lepas dari kandungan nutrisi didalamnya. Diantara zat yang penting dalam daun pisang adalah Lignin, Allantonlin, Hemiselulosa, Polifenol, dan Protein. Kandungan memberikan khasiat daun pisang seperti menurunkan panas dan meredakan sakit kepala.

Ok, bagi yang belum mengetahui manfaat daun pisang, anda bisa membaca terus artikel ini karena kami akan memberikan informasi terkait mafaat daun pisang. Manfaatnya tidak hanya sebagai bahan kerajinan atau sebagai bahan baku untuk pembungkus nasi.

12 Manfaat Daun Pisang Dalam Kehidupan

1. Mengobati tenggorokan

Salah satu manfaat daun pisang adalah meredakan sakit pada tenggorokan seperti susah minum dan susah makan. Anda cukup merebus daun pisang yang sudah tua tau sudah di keringkan. Rebus seperti anda menyeduh teh biasa, minum 2 kali dalam sehari. Ini cukup untuk sehari saja, maka tenggorokan anda akan sembuh seperti biasa. Jika tidak, periksalah ke dokter untuk mengetahui jelas apa yang sedang terjadi.

2. Menurunkan suhu panas

Selanjutnya, manfaat daun pisang adalah menurunkan panas. Rebus daun pisang dan diamkan hingga dingin. Kemudian beri sedikit madu untuk menambah khasiat dan rasa. Minum rebusan ini beberapa kali.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daun pisang ternyata juga berguna untuk menignkatkan dya tahan tubuh. Kandungan seperti allantolin dalam daun pisang berguna untuk kekebalan tubuh. Maka wajar saja mengkonsumsi rebusan daun pisang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tubuh tahan terhadap serangan penyakit.

Baca juga: Resep Jus Tomat Enak

4. Menyembuhkan disentri

Penyakit disentri terjadi akibat peradangan pada usus sehingga mengelurkan darah saat buang air besar. Salah satu ramuan tradisional untuk menyembuhkan disentri adalah daun pisang. Daun pisang mengandung zat yang bisa mengatasi peradangan pada usus sehingga menyembuhkan disentri.

5. Menjaga kecantikan kulit

Selanjutnya, manfaat daun pisang adalah sebagai bahan alami untuk kecantikan kulit. Kecantikan kulit biasanya di rawat dengan membuat masker wajah. Anda bisa juga membuat masker dari daun pisang untuk kecantikan kulit. Namun, kali ini kami tidak memberikan cara membuat masker, melainkan air rebusan daun pisang. Air rebusan daun pisang bisa membunuh bakteri dalam kulit, maka mengkonsumsi atau minum air rebusan daun pisang secara teratur bisa membunuh bakteri dalam kulit dan membuat kulit senantiasa sehat dan halus.

6. Daun daun pisang bermanfaat untuk kesehatan rambut

Siapa sangka kalau daun pisang ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatn rambut. Jika anda mengalami gatal-gatal di kelapa atau rambut berketombe maka segera ambil daun pisang segar yang masih hijau dan blender hingga halus seperti masker. Kemudian ambil hasil blender daun pisang dan letakkan di seluruh kulit kepala. Diamkan sekitar 1/2 jam dan bilas hingga bersih.

7. Bermanfaat untuk mengkilapkan batu akik

Manfaat daun pisang berikutnya adalah mengkilapkan batu akik. Yang digunakan adalah daun pisang kering, gokkan daun pisang pada batu akik secara terus menerus. Batu akik anda akan terus mengkilap dan mengkilap sehingga kelihatannya semakin indah.

Baca juga: Manfaat Akar Pohon Kelapa

8. Membungkus makanan

Tak ketinggalan, manfaat daun pisang juga bagus untuk membungkus makanan. Biasanya masyarakat menggunakan daun pisang membungkus mie, nasi, nasi ketan atau untuk membungkus berbagai lauk pauk. Untuk lebih tahan dan tidak cepat robek, daun pisang bisa di letakkan di atas perapian hingga layu.

9. Media tanam jamur

Selanjutnya, daun pisang bisa di manfaatkan sebagai media tanam bagi pertumbuhan jamur karena ia mengandung Lignin, hemiselulosa, dan protein. Jadi, daun pisang tidak lagi menjadi sampah yang hanya dibuang sia-sia.

10. Pakan ternak

Manfaat lain daun pisang adalah di olah sebagai pakan ayam atau herwan ternak lainnya. Selain mengandung Lignin, hemiselulosa, dan protein, ia juga mengandung polifenol. Cara membuat pakan ternak adalah dengan menjemur daun pisang hingga kering (biasanya 7 hari), giling daun pisang hingga halus menyerupai tepung. Gilingan ini mengandung protein kasar, lemak kasar, serat kasar yang enak dimakan oleh ternak.