Home News 10 Bahaya Mie Instan Terhadap Kesehatan

10 Bahaya Mie Instan Terhadap Kesehatan

35370
SHARE
Bahaya Mie Instan bagi Kesehatan
@student.unud.ac.id

Bahaya Mie Instan Terhadap Kesehatan bukan hal baru lagi, hampir semua orang tahu akan bahaya dari mengkonsumsi mie cepat saji ini. Namun, tetap saja mie instan menjadi makanan rakyat yang merakyat dan selalu disukai banyak orang, selain rasanya yang enak dengan sajian aneka rasa, juga sangat cepat dalam penyajiannya, namanya saja mie instan.

Namun, kami tetap ingin sharing tentang bahaya mie instan bagi kesehatan, siapa tahu ada di antara pengunjung website ini yang belum tahu, sehingga bisa lebih berhati-hati terhadap mie instan. Sementara bahaya Mie instan bagi wanita lebih parah dibandingkan bagi pria, untuk info lebih lanjut silahkan baca “bahaya mie instan terhadap wanita“.

bahaya mie instan
@www.smansax1-edu.com

Sebenarnya, siapapun yang mengkonsumsi mie instan tetap saja ada efek buruk bagi kesehatan, bahkan efek buruk kesehatan makan mie instan ini sangat menakutkan, lebih-lebih bagi wanita. Berikut kami ulaskan bahaya-bahayanya secara umum.

10 Macam Bahaya Mie Instan bagi Kesehatan

1. Mie instan adalah junk food

Makanan mie instan yang rasanya enak dimulut ternyata termasuk dalam kategori junk foods atau makanan sampah. Kandungan karbohidrat sangat tinggi didalamnya, namun tidak disertai oleh vitmain dan mineral serta serat. Selain itu, dalam mie instan juga mengandung cukup tinggi lemak jenuh sehingga efek kalori didalamnya menyebabkan bahaya bagi kesehatan tubuh.

2. Mie instan mengandung banyak sodium

Kandungan sodium yang tinggi dalam mie instan membuat mie cepat saji ini buruk bagi kesehatan. Karena sodium bisa memicu terjadinya darah tinggi, penyakit jantung, kerusakan ginjal dan stroke. Penyakit ini akan rentan sekali terjadi terutama bagi mereka yang doyan sekali dengan mie instan.

3. Mengandung MSG (monosodium glutamate)

Bahaya mie instan terhadap kesehatan juga karena kandungan MSG-nya yang sangat tinggi. Orang yang alergi terhadap monosodium glutamate ini akan merasa selalu haus, dada seperti terbakar, sakit kepala dan sesak nafas.

4. Menyebabkan kegemukan

Sering atau rutin mengkonsumsi mie instan akan cepat meningkatkan berat badan atau kegemukan. Lemak yang tinggi dan kandungan sodium dalam mie instan akan menyebabkan penumpukan lemak dalam jumlah besar dan lemak jenuh ini tidak bisa diserap tubuh sehingga tinggal menumpuk dan berubah menjadi lemak tubuh. Jadi tidak heran kalau anda sering mengkonsumsi mie instan berat badan anda bertambah secara cepat.

5. Mie instan bahaya bagi pencernaan

Bahaya mie instan bagi kesehatan juga sangat nampak kalau mie instan dikonsumsi setiap hari. Mengkonsumsi mie instan akan menyebabkan tersendat pencernaan, susah buang air besar dan tubuh tidak nyaman.

6. Kandungan Propylene glycol

Bahaya mie intan juga terletak pada kandungan zat berbahaya didalamnya yaitu Propylene glycol, ini adalah zat anti beku yang membuat mie tidak mengering. Kalau Propylene glycol diserap oleh tubuh maka zat ini akan menumpuk dalam area hati, liver, dan ginjal. Jadi masalah yang akan ditimbulkan adalah berkaitan dengan ketiga organ vital tubuh tersebut.

Baca: Manfaat manggis untuk ibu hamil

7. Mengacaukan metabolisme tubuh

Kalau mie instan dikonsumsi secara terus menerus maka mie instan akan menjadi racun tubuh yang berbahaya. Kumpulan zat kimia dan pengawet serta zat pewarna pada mie instan menjadi racun yang siap membunuh. Caranya yaitu dengan melemahkan immune tubuh secara bertahap.

8. Mie instan menyebabkan keguguran

Kalau ibu hamil mengkonsumsi mie inatan dalam jumlah banyak, maka efek negatif makanan cepat saji ini bisa berimpact buruk bagi janin. Tidak jarang wanita yang suka mie instan ketika hamil menyebabkan keguguran. Hati-hatilah dengan makanan yang katanya merakyat ini.

9. Menghambat nutrisi

Mengkonsumsi mie inatan juga bisa menyebabkan terhambatnya nutrisi, terutama bagi anak-anak dibawah 5 tahun. Bisa dibayangkan kalau mereka tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang mereka konsumsi. Mereka akan tumbuh melambat, kerdil, kurang gizi dan tumbuh menjadi anak bodoh. Kalau anda sudah tahu bahaya mie instan, maka jauhkan makanan ini pada anak-anak anda.

10. Mie instan bisa menyebabkan kanker

Beberapa model mie instan dikemas dengan styrofoam. Kandungan styrofoam dalam mie instan adalah tersangka sebagai agen kanker. Terutama terjadi pada mie yang hanya direndam dengan air panas, ketika terkena air panas, zat ini ikut bereaksi dan kalau ia masuk dalam tubuh bisa menyebabkan kanker. Ngeri….!

Masih beranikah anda mengkonsumsi mie instan. Semuanya tinggal pada diri masing-masing, sejauh mana kita menyanyangi tubuh ini sejauh itu pula kita peduli dengan diet atau pola makan sehat kita sehari-hari. Mari hidup sehat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here