SHARE
Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 4.234 T

Utang Luar Negeri Indonesia Capai Rp 4.234 T. Katanya Indonesia sudah membayar sebagian utang luar negerginya sebanyak US$ 2,1 miliar, namun kini utang Inidonesia masih sangat mengerikan yaitu US$ 302,4 miliar atau sekitar Rp 4.234 Triliun.

Pemerintah dan perusahaan perusahaan negara masih mempunyai sangat utang pada negara-negara lain di dunia. Berdasarkan data BI, Indonesia masih mempunyai utang sebanyak sekitar Rp 4.234 triliun pada akhir september tahun ini.

Walaupun jumlah utang negara sangat besar namun berdasarkan dream.co.id utang ini sudah berkurang 2.1 M dollar AS dibandingkan pada triwulan II-2015 yang sebesar US$ 304,5 miliar.

Berdasarkan keterangan resmi dari Bi bahwa menurunnya utang Indoensia tersebut adalah berkat menurunnya posisi ULN, baik sektor swasta maupun sektor publik. Utang sektor swasta dikatakan telah turun sebanyak US$ 1,7 miliar, hal ini terutama akibat dari menurunnya kegiatan berutang bank di Indonesia. Sementara, posisi utang sektor publik turun US$ 400 juta, terutama disebabkan oleh turunnya ULN Pemerintah.

Dengan penurunan tersebut, pangsa ULN sektor swasta tercatat 55,6 persen, atau sekitar 168,2 miliar dolar AS, lebih besar dari pangsa ULN sektor publik yang sebesar 44,4 persen atau 134,2 miliar dolar AS. Selain itu, pertumbuhan ULN Indonesia pada triwulan III-2015 tercatat mengalami perlambatan dibanding pada kuartal II-2015, yakni dari 6,2 persen (yoy) menjadi 2,7 persen (yoy).

Perkembangan ULN pada kuartal III-2015 ini dinilai masih cukup sehat, tetapi risikonya terhadap perekonomian perlu terus diwaspadai. Ke depan, BI akan terus memantau perkembangan ULN, khususnya ULN sektor swasta.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keyakinan bahwa ULN dapat berperan secara optimal dalam mendukung pembiayaan pembangunan tanpa menimbulkan risiko yang dapat memengaruhi stabilitas makro ekonomi. Demikian dikatakan dream.co.id

Baca Juga:  10 Orang Terkaya di Dunia Tahun 2014

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here