SHARE
Truemoney uang elektronik syar'i

TrueMoney adalah salah satu uang elektronik hasil kolaborasi dari Ascend Group dan PT. Witami Tunai Mandiri. TrueMoney telah dinyatakan oleh MUI sebagai uang elektronik yang bersertifikat syari’ah, bahkan KETUM MUI KH. Maruf Amin menyatakan bahwa TrueMoney merupakan satu-satunya uang elektronik yang ada di Indonesi dan bersertifikat syari’ah.

“Baru TrueMoney yang satu-satunya produk uang elektronik yang bersertifikat syariah. Produk E-money lainnya belum bersertifikasi syariah,” Demikian Ketum MUi dalam konferensi pers TrueMoney di Jakarta, Senin (28/3).

Menurutnya, sejauh ini uang elektronik yang sudah bersertifikat syari’ah hanya truemoney sementara uang lainnya atau e-pay lainnya yang dikeluarkan perbankan syariah belum bisa dikategorikan syariah, alasannya adalah pihak perbankan syariah yang mempunyai uang elektronik tersebut belum dilakukan audit oleh MUI.

Lebih lanjut tentang truemoney, menurut CEO TrueMoney, Joedi Wisoeda bahwa fee yang didapatkan oleh pihaknya dalam transaksi adalah bukan dari transaksi tersebut melainkan dari biller atau agen yang sudah membantu membayarkan, itu salah satu skema syariah yang di usung TrueMoney.

“Kita dapat fee dari Biller, karena kita membantu membayarkan. Jadi gak ngambil dari transaksinya,” ujarnya.

kalau dilihat dari sudut pandang teknologi bahwa TrueMoney telah menggunakan teknologi berbasis EDC, aplikasi smartphone, serta website yang bertujuan untuk menjembatani transaksi online secara syar’i. Terobosan ini diinisiasi oleh sang komisaris yang juga developer dan penggerak bisnis syariah PT. Witami Tunai Mandiri, Habib Helmi Baharum, dimana misinya adalah untuk ikut serta didalam program pemerintah, terutama dari sisi percepatan perkembangan ekonomi syariah. Demikian dikatakan Habib

Baca Juga:  Liput Antrian di SPBU, Wartawan di Aniaya Preman

LEAVE A REPLY