SHARE
Tips Sehat Berpuasa, tubuh semakin segar dan bugar

Tips Sehat Berpuasa buat tubuh semakin segar – Tidak semua orang berpuasa akan bisa menurunkan berat badan, kalau anda tidak hati hati ketika berbuka puasa atau makan sahur, maka anda justru mendapatkan kenaikan berat badan selama puasa, bukan penurunan berat badan.

Dr Razeen Mahroof, seorang ahli anestesi dari Oxford sebagaimana dikutip dari merdeka, mengatakan bahwa banyak orang selama jam tidak puasa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. “Asupan makanan untuk orang yang berpuasa harus berisi makanan dari semua kelompok makanan utama,” saran Dr Razeen kepada nhs.uk.

Makanan yang tergolong dalam makanan utama adalah buah buahan, sayuran, roti, sereal dan kentang, daging, ikan, susu dan produk susu, serta makanan yang mengandung lemak dan gula.

Karbohidrat komplek juga termasuk makanan yang penting dikonsumsi selama ramadhan, makanan ini akan melepaskan energi secara perlahan selama berpuasa, sehingga anda tidak akan terasa letik. Makanan yang mengandung karbohidrat komplek adalah gandum, oat, kacang-kacangan, tepung gandum dan beras basmati.

Sedangkan makanan yang harus dihindari selama buakn puasa adalah makanan yang mudah dan cepat terbakar. Makanan yang berisi gula dan tepung putih, dan makanan berlemak seperti kue, biskuit, cokelat dan permen.

Selain itu, yang harus anda perhatikan dan jauhi selama puasa adalah minuman seperti kopi, soda, dan teh. Minuman yang mengandung kafein adalah golongan minuman yang bersifat diuretik, ini bisa menyebabkan anda sering buang air kecil. Alangkah bagusnya juga kalau selama puasa kita mengkonsumsi beberapa jenis buah dan jus segar.

Baca juga:

Baca Juga:  20+ Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islami Modern serta Maknanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here