SHARE
tips sehat ala rasulullah

Tips Sehat Ala Rasulullah SAW – Kita yang hidup di zaman modern ini seringkali mengeluh berbagai penyakit yang terjadi dan sangat susah disembuhkan. bibit penyakit semakin bermutasi menjadi lebih kuat sehingga sangat sulit di basmi walau kadang kita telah minum berbagai obat. Ini dipercayai oleh ilmuwan bahwa lingkungan yang semakin berpolusi menjadi tempat berlindung kuman dan menyebabkan penyakit menjadi lebih kuat dan kebal.

Anda mengalami hal yang serupa? Anda sebenarnya tidak perlu panik dengan masalah yang anda derita, merawat kesehatan dengan cara tradisional terkadang lebih ampuh ketimbang mencoba cara modern yang malah terkadang membinasakan. Salah satu cara tradisonal yang patut kita coba adalah cara hidup yang dipraktekkan Rasulullah SAW. Bagaimana? Apakah anda heran dan segera ingin tahu bagaimana pola hidup sehat yang di jalankan Rasulullah. yuk kita simak yang berikut ini.

Tips Sehat Ala Rasulullah SAW

1. Rasulullah tidur tepat waktu
Tidur adalah kunci kesehatan, sekuat apapun kita tetap saja kita butuh istirahat yang baik, dan istirahat yang baik itu adalah tidur tepat pada waktunya. Tidur memberikan kesempatan kepada tubuh untuk memberbaiki kerusakan sel tubuh. Tidur juga berpengaruh pada kesehatan mental yang stabil. Maka tidurlah pada waktunya. Waktu yang ideal untuk tidur adalah 2 jam setelah shalat isya dan kemudian anda bisa bangun pada 2/3 malam untuk shalat malam dan dilanjutkan dengan shalat subuh.

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan Anda untuk tidur sekitar 8 jam sesuai dengan konsep pembagian waktu 24 jam yaitu sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah dengan Allah, dan sepertiga lagi untuk beristirahat.

2. Rasulullah berhenti makan sebelum kenyang
Tips sehat ala Rasulullah selanjutnya adalah berhenti makan sebelum kenyang. Tidak hanya tidur saja yang harus diperhatikan tetapi juga makan. Makan yang sehat sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah adalah berhenti sebelum kenyang, walaupun anda sedang lapar tetap saja anda tidak boleh makan banyak karena bisa memberatkan maiddah atau pencernaan. Dan yang lebih penting adalah anda harus makan sebelum lapar agar anda tidak terbiasa dengan makan berlebihan.

Baca Juga:  Obat Sangat Ampuh untuk Sakit Jantung, Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes [Tolong Share Biar Semuanya Tahu]

3. Rasulullah makan dengan menggunakan tangan kanan
Makan dengan tangan kanan tidak hanya sebagai adat atau kebiasaan, karena ternyata makan dengan tangan kanan juga berhubungan dengan kesehatan yang baik. Rasulullah mencontohkan makan dengan tangan kanan bahkan Rasulullah bersabda ‘al-aiman fal aiman” yang artinya “kanan maka tangan”. Ini artinya Rasulullah menyukai perbuatan dengan tangan kanan, termasuk makan.

Hubungan makan dengan tangan dan kesehatan. Ketika seseorang makan dengan tangan kanan maka kerja otak kiri akan lebih aktif, dan otak kiri lebih bersifat teratur ketimbang otak kakan yang sifatnya acak.

4. Rasulullah makan atau minum selalu dengan duduk
Berikutnya, tips Sehat ala Rasulullah adalah makan dan minum selalu dalam keadaan duduk. Duduk ketika makan dan minum tidak hanya membuat kita nyaman tetapi juga baik bagi kesehatan. Secara ilmiah melakukan aktivitas makan dan minum membuat katup sistem pencernaan anda terbuka sehingga makan dan minum akan mudah dicerna.

Baca juga:

5. Rasulullah selalu puasa
Tips sehat ala Rasulullah berikutnya adalah selalu berpuasa. Berpuasa tidak hanya sebagai pengontrol nafsu atau benteng dari keburukan nafsu namun berpuasa juga membuat tubuh istirahat dari bekerja mencerna makanan. Ini akan melancarkan prtoses detoktifikasi dalam tubuh, puasa juga baik untuk diet yaitu membantu anda dalam menurunkan berat badan. Namun yang perlu di perhatikan adalah tidak berbuka puasa dengan makanan yang berlebihan. tetapi terapkan kaidah makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Itulah 5 tips sehat ala Rasulullah SAW. Tips ini memang sangat sederhana, namun ini benar 100% karena semua penyakti itu bermuara dari makanan yang masuk kedalam tubuh, hanya sekian persen saja yang terjadi karena faktor luar tubuh, sebelihnya adalah faktor dari dalam tubuh yaitu makanan yang masuk dan minuman. Maka, mulai sekarang mari kita terapkan pola hidup sehat ala Rasulullah dengan mengamalkan tips sehat ala Rasulullah. Semoga bermanfaat

Baca Juga:  8 Cara Menikmati Air Putih Lebih Nikmat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here