SHARE
tips mengatur keuangan keluarga

Tips Mengatur Keuangan Keluarga – Masalah keuangan dalam keluarga adalah masalah yang sangat prinsip, sehingga perlu diketahui tips dan caranya yang baik agar keuangan keluarga tetap terjaga. Biasanya ibu rumah tanggalah yang mengatur keuangan dalam sebuah keluarga, ini bukan berarti ayah tidak bisa memberikan masukan apa-apa. Seorang yang bekerja mencari uang juga bisa berkontribusi untuk pengaturan keuangan keluarga. Berikut beberapa tips mengatur keuangan keluarga ala Ayah Idaman sebagaimana yang dikutip dari merdeka.com

Tips Mengatur Keuangan Keluarga

Berikut beberapa tips dan cara yang harus diketahui ibu rumah tangga dalam mengatur kas keluarga agar kebutuhan keluarga bisa lancar dan tidak terkendala.

1. Jangan lupa membuat perencanaan keuangan

Ketika mengatur keuangan keluarga, tentu Anda perlu memperhitungkan beragam aspek pengeluaran keluarga secara rinci. Mulai dari kebutuhan harian, mingguan, bulanan, hingga perhitungan kewajiban atau utang, seperti cicilan KPR, kartu kredit, listrik, PAM, asuransi, dan kewajiban lainnya.

Sebaiknya sisihkan juga dana untuk tabungan (terutama jika sudah memiliki anak, misalnya tabungan pendidikan anak) dan dana cadangan untuk segala kebutuhan mendadak, agar pengeluaran ini tanpa mengganggu anggaran kebutuhan pokok keluarga ke depannya.

Setelah mencatat poin-poin tersebut, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan jangka pendek hingga jangka panjang. Satu hal penting adalah pastikan pengeluaran tersebut tidak melebihi pemasukan yang Ayah dan Ibu miliki tiap bulannya. Dengan melakukan perencanaan seperti ini, Ayah dan Ibu akan melihat lebih jelas perkembangan kondisi keuangan keluarga, sehingga dapat dilihat lagi mana hal-hal yang perlu diprioritaskan atau perlu dihemat.

Sebagai kepala keluarga, dengan membantu Ibu dalam membuat perencanaan keuangan, ayah tentu dapat meringankan beban pikiran Ibu. Selain itu, cara ini juga bisa membuat pengaturan keuangan keluarga lebih transparan, sehingga memperkuat kepercayaan antara Ayah dan Ibu.

2. Pintar mengatur jadwal belanja

Bukan hanya para Ibu yang dituntut untuk pandai mengatur strategi saat berbelanja, Ayah juga perlu menerapkan hal ini. Nah, berbelanja saat weekend bisa menjadi solusi pilihan. Sebab kala akhir pekan, berbagai pusat perbelanjaan dan supermarket biasanya menawarkan sejumlah diskon menarik. Bila membeli dalam jumlah banyak, terkadang juga ada potongan harga yang menarik, sehingga belanja kebutuhan bulanan bisa jadi lebih hemat.

Dengan menemani Ibu berbelanja di akhir pekan, Ayah pun dapat ikut aktif membantu, misalnya dalam memilih barang promosi, mengangkat barang belanjaan, hingga menjaga buah hati kala Ibu mengantre di kasir. Selain keuangan keluarga bisa dihemat, ikatan hubungan dengan istri tercinta pun akan terjaga.

3. Cermat memilih produk

Teliti dalam memilih produk yang dibeli pun ternyata dapat memberikan berbagai keuntungan tambahan. Ayah perlu cermat melihat produk mana yang berkualitas, sekaligus sedang menawarkan bonus menarik. Sebut saja Frisian Flag yang dapat memberikan nutrisi terbaik bagi keluarga, sekaligus membantu Anda berhemat. Saat ini, dari setiap pembelian Frisian Flag MAMA, Frisian Flag JELAJAH, dan Frisian Flag KARYA, Anda bisa mendapatkan hadiah langsung berupa e-voucher (pulsa HP, pulsa listrik, dan belanja) dan beragam hadiah menarik lainnya. Hadiah-hadiah ini bisa diberikan pada ibu dengan tiga langkah mudah.

Pertama, daftarkanlah Ibu sebagai anggota di ibudanbalita.com. Caranya sederhana, cukup isi data Ibu di situs resmi Ibu dan Balita. Setelah itu, ajak Ibu berbelanja produk Frisian Flag MAMA, Frisian Flag JELAJAH, atau Frisian Flag KARYA rasa dan ukuran apa saja. Terakhir, kumpulkan poin dan temukan kode unik di dalam kemasan untuk dikirim via SMS, dan langsung ditukarkan dengan beragam e-voucher. E-voucher pun akan dikirimkan via SMS dan dapat langsung digunakan. Belanja jadi lebih hemat, bukan?

Yuk, Ayah, selalu berikan yang terbaik untuk keluarga bersama Frisian Flag. Sejak dalam masa kehamilan, Ayah bisa memberikan Frisian Flag MAMA ukuran 200gr untuk kesehatan Ibu dan janin. Ketika si Kecil sudah memasuki usia 1 tahun, Ayah bisa mendukung pertumbuhan dan keinginan menjelajahnya dengan Frisian Flag JELAJAH usia 1-3 tahun yang memiliki aneka pilihan rasa. Bila si Kecil sudah menginjak 4-6 tahun, lanjutkanlah dengan susu Frisian Flag KARYA 4-6 tahun yang bisa mendukung kreativitas dan kemampuan berkarya si Kecil. Dengan memberikan Frisian Flag, Anda tak hanya menyediakan nutrisi terbaik untuk keluarga, namun juga menghemat pengeluaran rumah tangga, lho!

Itulah 3 tips mengatur keuangan keluarga agar pengeluaran bisa lebih hemat. Dengan pandai mengatur keuangan keluarga akan harmonis tidak tersangkut utang dan tentu bisa berbelanja dengan aman dan nyaman. Kebutuhan keluarga adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena sangat penting untuk memenuhi apa yang menjadi hajat keluarga. Jangan sampai keuangan keluarga habis, karena bisa menyebabkan berbagai masalah baru dalam rumah tangga. Maka pintar-pintarlah dalam mengatuyr keuangan keluarga, teurtama ibu rumah tangga. Sekian dari kami

Baca Juga:  Gara-Gara Kartu ATM Tertelan, Wanita Ini Jebol Mesin ATM

Baca juga: Tips aman belanja secara online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here