SHARE
cara benar mengisi daya beterai

Tanyoe.com – Hal yang paling dikeluhkan dalam penggunaan smartphone adalah baterai yang boros bahkan tidak tahan dalam satu hari. Dimana-mana keluhan ini sering di ungkapkan oleh pengguna smartphone, mungkin termasuk kamu salah satunya.

Padahal, borosnya baterai smartphone tidak hanya karena memang sudah seperti itu yang bisa di buat oleh pabrik, namun juga karena kesalahan kita dalam menjaga baterai tersebut. Baterai smartphone Lithium sangat sensitif sehingga sedikit saja kesalahan yang dilakukan pengguna terhadap baterai, maka ia bisa rusak atau suak.

Bagi kamu yang mengalami masalah ini, kami punya tips cara benar mengisi baterai smartphone agar beterai Hp kamu tetap awet, dan terjaga dalam waktu lama. Berikut 4 poin yang harus di perhatikan sebagaimana yang di lansir dair media merdeka.com

Cara Benar Mengisi Baterai Smartphone

1. Cabut Cas kalau sudah menunjukkan 100%

Berdasarkan sebuah penelitian mengatakan bahwa tetap mentancapkan cas ketika beterai sudah full 100% adalah hal yang sangat buruk untuk masa depan baterai.

Membiarkan cas tetap tertancap akan membuat aliran listrik dialihkan ke mode trickle charges. Ini tetap membuat masukan aliran listrik kesmartphone dalam bentuk kecil.

2. Coba tidak mengisi daya beterai hingga 100%

Tidak salah baca ni? Benar, bahwa kamu tidak seharusnya selalu men-cas baterai hingga 100%. Baterai Lithium-ion kalau selalu di cas hingga 100% malah membuat beterai smartphone kamu jadi stres. Ini tidak baik untuk jangka panjang penggunaan smartphone.

Jadi, kamu lebih baik mengecas hp untuk seperlunya saja, nanti kalau sudah habis kamu bisa mengecasnya di tempat lain ketimbang sekali isi dari 0 hingga 100%.

3. Isi baterai lebih sering adalah lebih baik ketimbang Sekali isi dalam waktu lama

Berdasarkan penelitian bahwa baterai hp lebih baik di cas secara berulang ketimbang sekali cas dalam waktu lama hingga 100%.

Baca Juga:  Astaghfirullah, Mereka Mengatakan Allah Bersemayam Di Atas Arasy

Berdasarkan penelitian yang diadakan oleh Battery University ini bahwa mentancapkan cas secara berulang bukanlah hal buruk bagi baterai.

4. Jaga baterai tetap dingin

Terakhir, cara benar menjaga baterai smartphone adalah dengan memperhatikannya agar baterai tidak sampai panas. Masalah ini pernah disinggung oleh pihak iPhone sendiri, dimana baterai hp sangat sensitif terhadap temperatur panas. Apple mengingatkan agar kita menjauhkan smartphone dari benda panas saat cas sedang berlangsung.

Baca juga: Tips mempercepat pengisian baterai smartphone

Tak hanya itu, mereka juga mengingatkan agar kita menyingkirkan case karet pada hp saat pengisian daya. karena Case karet dikatakan bisa meningkatkan suhu panas pada Smartphone.

Demikian cara benar mengisi daya baterai smartphone kamu. Semoga tips singkat ini bermanfaat dan mampu menjaga baterai smartphone kamu tetap sehat dan awet untuk jangka panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here