Home Tips Anda Ingin Belanja di Instagram, Ini Tips yang Harus di Ketahui

Anda Ingin Belanja di Instagram, Ini Tips yang Harus di Ketahui

191
0
SHARE
tips berbelanja di instagram

Perkembangan bisnis online semakin pesat, hal ini menjadi lahan menarik bagi para penjual untuk menjajakan berbagai produknya. Salah satu media yang digunakan didunia online adalah jejaring sosial seperti instagram. Instagram sebagai media sosial berbasis gambar dan video ini semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan tak kecuali anak muda dan remaja.

Instagram banyak di gunakan sebagai media promosi berbagai produk, hingga pada cara memesan produk tersebut. Anda hanya butuh smartphone yang terhubung ke internet dan langsung bisa memesan barang yang anda suka. Media online instagram saat ini termasuk yang terbanyak di gunakan, karena selain praktis juga sangat tertarget untuk pasar tertentu.

Namun demikian, belanja online bukan tidak ada resiko. Resiko didunia online tetap saja ada. Disinilah pembeli di harapkan berhati-hati dengan mempelajari lebih jauh tentang jejaring sosial dan media online untuk berbelanja sehingga resiko yang terjadi bisa di minimalisir. Berikut kami berikan beberapa tips berbelanja ria di Instagram agar anda tidak tertipu atau menjadi korban penjahat cyber.

Tips Berbelanja Melalui Instagram

1. Memperhatikan testimoni para pembeli

Hal penting di perhatikan oleh pembeli yang ingin belanja di instagram adalah komentar-komentar yang ada di akun instagram penjual. Anda jangan tertipu dengan banyaknya follower karena belum tentu follower itu adalah follower aktif, karena bisa saja hanya akun tidak aktif atau akun bayangan yang dimanfaatkan oleh penjual agar instagramnya terlihat bagus.

Perhatikan komentar, apabila banyak komentar produk tersebut dengan nada positif mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk berbelanja. Namun kalau komentarnya banyak yang negatif sebaiknya anda pilih akun IG lain untuk berbelanja, karena akun tersebut bisa saja berniat untuk menipu atau menjual barang dengan kualitas rendah.

Baca Juga:  Ingin Anak Shaleh dan Shalehah, Ini Cara Mendidik Anak ala Rasulullah SAW.

Salah satu hal penting pada akun isntagram adalah tingkat engangement atau tingkat interaksi antara follower dengan akun tersebut. Semakin tinggi tingkat engangement sebuah akun maka semakin baik kualitas akun instagram tersebut.

2. Perhatikan sisi endorsement atau sponsor

Selain memperhatikan komentar anda juga harus memperhatikan siapakah endorsement bagi produk tersebut tersebut. Apakah produk tersebut di endors atau di sponser oleh orang terkenal seperti Mario teguh, atau Ippo Santosa dan lain-lain. Karena apabila sponsornya orang terkenal maka besar kemungkinan bahwa toko online tersebut terpercaya. Namun kalau para endors-nya tidak terkenal, maka perhatikan tingkat komentar atau tingkat engangementnya.

Baca: Tips Aman Belanja Online

3. Perhatikan gambar produk dengan baik

Tips berbelanja di instagram selanjutnya adalah memperhatikan gambar produk. Karena biasanya gambar produk terkena cahaya saat pemotretan atau memang sengaja di edit agar terlihat baik padahal barang sebenarnya tidak sedemikian.

Sebuah toko online daring yang baik, ia akan menggunakan gambar produknya tidak jauh beda dengan barang yang sebenarnya.

Jadi, anda jangan tertipu dengan gambar atau terkecoh. Kalau anda ragu, anda bisa meminta pemilik toko untuk konfirmasi tentang barang tersebut termasuk warna, dan lain-lain.

4. Membandingkan harga

Selanjutnya, tips berbelanja di Instagram adalah memperhatikan harga barang. Anda bisa membandingkan harga produk di satu instagram dengan harga di Instagram lainnya. Jangan takut kehabisan barang, karena sangat banyak yang berbisnis di Instagram sehingga kemungkinan kehabisan barang sangat kecil. Anda bisa juga melihat beberapa akun instagram dengan produk yang sama dan bandingkan harganya.

Kalau perlu anda bisa membuka media online shop lain seperti tokopedia, lazada, mataharimall untuk melihat harganya. Kemudian bandingkan dengan harga yang ada di instagram. Semakin banyaknya penjual tentu harga barang akan bersaing dan semakin murah.

Baca Juga:  7 Cara Setan Menipu Manusia (Menggoda Manusia)

5. Perhatikan sistem pembayaran

Toko online kini menggunakan berbagai sistem pembayaran seperti Cash On Delivery (COD), transfer tunai, transfer antar rekening, kartu kredit atau menggunakan PayPal. Kalau tidak menggunakan COD dan anda harus menstransfer ke rekening, segera minta nomor resi pengiriman barang sebagai tanda bahwa barang anda benar-benar dikirim. Nomor resi ini bisa anda lacak nantinya di situs exspedisi seperti JNE, POS Indonesia dan lain.

Nah, dengan memperhatikan tata cara berbelanja di internet atau berbelanja di Instagram anda di harapkan tidak tertipu dan benar-benar bisa berbelanja sebagaimana mestinya. Demikian tips berbelanja di instagram dari kami, semoga mencerahkan dan selamat berbelanja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here