Home Kesehatan Tersengat Lebah, Tak Perlu Panik, Ini 7 Cara Mengobati Sengatan Lebah

Tersengat Lebah, Tak Perlu Panik, Ini 7 Cara Mengobati Sengatan Lebah

677
0
SHARE
cara mengobati sengatan lebah
img: sayangi.com

Cara Mengobati Sengatan Lebah – Kalau anda punya pengalaman tentang sengatan lebah tentu anda tahu bagaimana sakitnya sengatan serangga berbisa ini. Tidak hanya sakit yang anda rasakan namun juga berubahnya kulit anda atau membengkak. Banyak orang panik dan melakukan hal hal yang justru merugikan kondisi kesehatan.

Jadi, jangan panik kalau anda disengat lebah. Berikut 7 cara mengatasi dan mengobati sakitnya sengatan lebah, cara ini tentu cara alami dan tidak mempunyai efek samping.

7 Cara Mengobati Sengatan Lebah

1. Menggunakan es batu
Es batu bisa menjadi alternatif untuk menghentikan keluhan akibat dari sengatan lebah. Kalau anda mengalami pembengkakan pada sengatan anda bisa menempelkan es batu. Ini tidak hanya menghentikan pembengkakan namun juga bisa mengehentikan rasa sakit akibat tusukan jarum lebah.

2. Menggunakan minyak esensial
Minyak esensial juga bisa bermanfaat untuk mengatasi sakitnya sengatan lebah. Kandungan alami dalam minyak ini bermanfaat untuk mengehentikan pendarahan pada sengatan lebah dan juga membantu penyembuhan.

3. Pasta Gigi
Selanjutnya adalah pasta gigi, disengat lebah sangat menyakitkan dan seperti kesemutan. Sifat odol atau pasta gigi yang dingin bisa mengatasi masalah kesemutan atau rasa sakit yang seperti terbakar. Selain itu sebagaimana yang dikatakan merdeka.com pasta gigi juga bermanfaat untuk menetralisir racun akibat sengatan binatang berbisa seperti lebah.

4. Lumpur
Mungkin kedengarannya nyeleneh, namun ternyata lumpur juga bisa digunakan sebagai obat alami dalam menangkal sakitnya sengatan lebah. Ambil lumpur yang seperti pasta dan lumuri pada sengatan lebah hingga kering.

5. Baking soda
Penggunaan baking soda adalah cara efektif mengatasi sengatan lebah yang sangat meyakitkan. Baking soda atau cuka bisa digunakan untuk menetralisir racun dalam tubuh akibat gigitan lebah. Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencampuri cuka atau baking soda dengan air dan mengoleskan pada gigitan lebah, biarkan selama 30 menit.

Baca Juga:  Gejala Demam Berdarah Jangan Di Anggap Remeh

6. Madu
Madu adalah bahan alami dari lebah itu sendiri yang bisa anda gunakan untuk mengobati sengatannya. Caranya biasa saja, anda tidak perlu mencampurinya dengan bahan lain, cukup oleskan madu pada sengatan lebah dan diamkan hingga 60 menit. Ulangi penggunaan ini hingga sembuh

7. Bawang putih
Selanjutnya cara mengobati sengatan lebah adalah dengan menggunakan bawang putih. Haluskan bawang putih dan oleskan pada luka akibat sengatan lebah. Diamkan bawang putih ini selama 30 menit.

Itulah beberapa cara efektif mengobati sengatan lebah dengan bahan tradisonal. Mulai sekarang anda tidak perlu takut apalagi panik ketika anda disengat serangga berbahaya dan beracun ini.[mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here