Home Unik Terkuak! Kenapa Porsi Nasi Bungkus Padang Lebih Banyak

Terkuak! Kenapa Porsi Nasi Bungkus Padang Lebih Banyak

62
0
SHARE
rumah makan padang

Tanyoe.com – Kalau berbicara tentang masakan Padang pasti yang terbayang adalah pedas-pedas dan mengundang naiknya kolesterol, namun sangat memicu nafsu makan. Bahkan, masakan padang seperti rendang yaitu makanan penuh kolesterol ini dinobatkan sebagai makanan terenak didunia. Wow..! Luarbiasa citarasa yang di sajikan dan pasti membuat perut anda langsung kreok-kreok.

Nah, coba lupakan itu sejenak. Pernahkah anda jeli memperhatikan nasi padang yang anda makan di warung dengan yang anda bungkus untuk anda makan dirumah? Tentu ini mempunyai perbedaan dari sisi jumlah nasianya. Ternyata ini ada latar belakangnya dan rahasia kenapa nasi bungkus Padang lebih banyak dibandingkan dengan nasi padang yang anda makan di tempat.

Kalau anda memilih restoran Padang dan anda memilih makan disana anda akan di disuguhkan setangkup nasi putih dengan lauk yang telah anda pesan. Ukuran nasi ini biasanya hanya sedikit, iya hanya se ukuran tempurung kecil saja. Dengan porsi kecil ini mungkin anda akan sering meminta tambahan dengan mengatakan “tambuah ciek” dan pelayan akan membawakan sejumput nasi tambahan di atas piring dengan disirami kuah diatasnya.

Baca juga: Resep masakan rendang Padang

Nah, kondisinya akan beda manakala anda memesan nasi padang untuk dibawa pulang atau “take away”. Mereka akan membungkus nasi untuk anda dengan porsi dua batok kelapa bahkan lebih. Tentu ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan anda makan ditempat.

Kalau anda sering makan di warung padang mungkin akan melihat keadaan ini. Tapi tahukah anda kenapa demikian. Ternyata ini tidak hanya asal-asal saja tetapi ada sejarah dibalik itu semua.

Alkisah, dulu pada masa kolonial Belanda, yang makan di rumah makan padang hanya orang elite dari kaum Belanda dan orang kaya-kaya saja. Mereka yang punya warung ingin nasi dan masakannya juga bisa dinikmati oleh pribumi sehingga mengakalinya dengan membuat nasi bungkus dan memberikan porsi nasi banyak agar mereka bisa berbagi dengan keluarga lain di rumah.

Baca Juga:  5 Hewan dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Jadi, membeli satu bungkus nasi bisa untuk dimakan oleh dua orang

Selain itu, perlu juga diketahui bahwa dulu rumah makan ampera juga disebut dengan rumah makan ampera yang artinya Amanat penderitaan Rakyat. Harga makanan dirumah makan ini jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah makan biasa.

Sementara pendapat seorang sastrawan asal Padang, Yusrizal mengatakan bahwa ini bukan karena sejarahnya seperti itu, namun hal ini menyangkut dengan pelayanan. Jadi, apapun yang dibeli dengan cara bungkus selalu dikasih lebih banyak baik itu soto, nasi, kuah, atau kuah soto.

Lain lagi pendapat Eka seorang warga Pariaman, ia mengatakan bahwa ini menyangkut dengan sabun cuci dan ongkos cuci piring. Jadi, wajar saja kalau makan di warung nasinya sedikit dan kalau dibawa pulang dikasih banyak.

Itulah beberapa pendapat tentang kenapa nasi bungkus padang porsinya lebih banyak. Selain pendapat ini ada juga beberapa lain yang tentu berbeda-beda antara satu sama lain. [disadur dari suratkabar.id]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here