Home Agama Subhanallah! Ada 266 Tulang dan 660 Otot Bergerak Ketika Shalat

Subhanallah! Ada 266 Tulang dan 660 Otot Bergerak Ketika Shalat

53
0
SHARE
660 otot bergerak dalam shalat

Shalat adalah bentuk ibadah yang wajib di lakukan oleh seluruh ummat Islam yang berakal dan baligh. Secara istilah shalat itu adalah perkataan dan perbuatan yang di awali dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam yang mencakup syarat dan rukun-rukunnya. Dalam gerakan shalat yang dilakukan ummat Islam selain nilai ubudiyahnya kepada Allah juga ternyata gerakan shalat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tahukah anda, bahkan seseorang yang shalat ia telah menggerakkan 266 tulangnya dan 660 otot. Tentu ini tidak lepas dari manfaat bagi kesehatan tubuh secara fisik terutama untuk persendian, otot dan tulang. Direktur Halimun Center (HMC) dr Briliantono M Soenarwo (SpOT) mengatakan bahwa gerakan dalam shalat itu sangat penting untuk kesehatan terutama untuk persendian, otot dan tulang. Demikian seperti yang dilansir dari kabarmakkah.com

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa setiap gerakan dalam shalat itu bermanfaat. Bahkan kalau dilakukan sesuai dengan anjurannya, maka gerakan dalam shalat mulai dari takbiratul ihram hingga salam bisa menggerakkan 660 otot dan 266 tulang.

Ketika shalat, semua bergerak mulai leher bahkan jari-jari. Subhanallah! Bahkan ia mengatakan ada olahragwan yang meniru gerakan shalat untuk mendapatkan semua otot dan tulangnya bergerak.

Sebenarnya, dalam gerakan shalat tidak hanya gerakannya saja yang bergerak tetapi khusyuk dalam shalat juga mempengaruhi kijiwaan seseorang. Tubuh manusia ini terdiri dari jiwa, raga dan kalbu. Qalbu inilah yang mempengaruhi pikiran manusia, sehingga apabila hati kita senang dan khusyuk maka jiwa kita akan mendapatkan imbasnya.

Seseorang apabila hatinya senang, maka hormon yang disebut dengan melatonin akan naik dan ia akan merecovery tubuh. Maka, wajar saja orang yang selesai melakukan shalat ia akan kelihatan lebih segar dan enteng serta lebih bercahaya wajahnya.

Baca Juga:  Dalil di Wajibkan Dua Khutbah Shalat Jum'at

Baca juga: Hikmah shalat di awal waktu

Menurut dr yang akrap disapa Tony itu mengatakan bahwa jika anda sakit dan tidak bisa melakukan gerakan shalat dengan sempurna, jangan khawatir, karena gerakan shalat itu tetap akan bermanfaat untuk anda. Subhanallah! Ternyata shalat yang kita lakukan setiap hari 5 kali minimal akan menggerakkan kejiwaan serta memberikan kesehatan yang baik bagi ketika. Maka, penting bagi kita untuk mengusahakan rasa khusyuk dalam setiap shalat kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here