SHARE
banjir di myanmar akibat bantai rohingya

Banjir Myanmar Akibat Zalim Terhadap Rohingya. Mynamar kini dilanda banjir besar yang mengakibatkan kepedihan masyarakat disana, termasuk rohingya. Hujan berminggu minggu mengguyur Myanmar, terutama negara bagian Rakhine menyebabkan air banjir yang telah merusak bangunan dan ribuan hektar lahan pertanian, bahkan menrenggut banyak korban jiwa. [Banjir Myanmar tewaskan 20 jiwa]

Banjir ini mengakibatkan warga Rohingya yang ada di Rakhine mengungsi. Koordinator Advokasi Pengungsi dari SNH Advocacy Center Heri Aryanto mengatakan bahwa orang orang Myanmar seharusnya sadar dan intropeksi diri bahwa bencana banjir ini yang terjadi disana bisa saja merupakan akibat dari ulah tangan kotor mereka yang telah membantai, menganiaya dan memperlakukan Muslim Rohingya secara biadab dan tidak manusiawi.

“Nasehat, anjuran, desakan, petisi, bahkan Resolusi PBB tidak membuat pemerintah dan orang-orang Myanmar taubat sehingga Allah kemudian mengirimkan banjir supaya mereka sadar,” katanya, Selasa, (4/8).

Allah Maha Adil, siapa yang menanam keburukan, maka Allah akan memberikan balasan keburukan pula. Apa yang dialami Rohingya saat ini adalah pelanggaran HAM berat.

Untuk menanggulangi bencana banjir besar diu Myanmar ini, UNHCR sebagai lembaga PBB yang menaungi pengungsi, ujar dia, harus segera bertindak menolong Rohingya yang mengungsi yang tidak diterima di tempat-tempat pengungsian umum. Sanksi internasional juga harus diberikan negara-negara dunia kepada Myanmar yang terbukti hingga saat ini terus melangsungkan tindakan tidak manusiawinya terhadap Rohingya.

“Embargo dan pemutusan hubungan diplomatik sepertinya bisa jadi sanksi yang efektif untuk Myanmar,” ujarnya

Baca Juga:  4 Batu Mulia Termahal dan Langka di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here