SHARE
Pembangunan-Masjidil-Haram-libas-4500-situs-islam

Tanyoe.com, – Sepanjang Pembangunan Masjidil Haram, Arab saudi Libas Hampir 4500 Situs Islam. Banyak orang bercerita tentang Arab Saudi dan Makkah Hari ini. Pergi ke Makkah hari ini tidak terkesan sakral seperti masa dahulu, kini Makkah sudah serba modern dan canggih sehingga ziarah ke Makkah hari ini sudah kurang kesan religiusnya ketimbang di masa lalu.

“Memang benar Makkah sudah tidak sakral lagi buat beribadah karena sudah terlalu modern. Makkah kini telah menjadi seperti Manhattan dan Las Vegas,” begitu kata Direktur Eksekutif the Islamic Heritage Research Foundation, Irfan al Alawi menyebut kondisi Kota Suci Makkah sekarang ini.

Pernyataan peneliti Islam ini bukan tanpa alasan, semenjak pembangunan masjidil haram tahun 2012 lalu, Arab Saudi sudah banyak menggusur situs Islam. Ada sekitar 4500 situs bersejarah Islam hilang sejak setengah abad lalu. padahal situs islam ini sudah ada sejak Nabi Muhammad SAW. dan Para asahabat.

“Dalam 50 atau 60 tahun terakhir, kita telah kehilangan hampir 4.500 situs Islam bersejarah semasa hidup Nabi Muhammad, ahlul bait, dan para sahabat,” ujarnya saat dihubungi merdeka.com melalui seluler.

Bahkan konon makam Nabi Muhamad SAW juga akan dipindahkan. Ironisnya rumah Aminah (ibu Rasulullah), kediaman Khadijah (istri Rasulullah SAW) yang terletak di Masjidil Haram kini sudah hilang musnah tergusur pelebaran pembangunan masjidil haram.

Memang kini pemerintah Saudi sedang gencarnya melakukan pelebaran tempat ibadah baik di Makkah maupun di Madinah, bahkan dana yang di keluarkanpun sangat besar. Tak tanggung-tanggung untuk proyek King Abdullah Expansion yaitu pelebaran Masjidl haram itu Saudi menggelontorkan dana hingga USD 21 Miliar.

Pada 19 Agustus 2011 lalu adalah pertamakalinya Saudi melakukan pelebaran tempat ibadah ini yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh sang Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

Baca Juga:  Kapolda Bali Resmi Peluk Agama Islam

Memang untuk proyek ini Saudi punya alasan, mengingat jamaah haji yang saban tahun terus bertambah. Pembangunan itu pun ditangani dengan sistem mekanik yang begitu canggih. Jika selesai, Masjidil Haram ini nanti mampu menampung jamaah haji sebanyak 1,2 juta orang. Pembangunan itu direncanakan bakal rampung pada 2020 mendatang. Namun sayang beribu sayang di sisi lain pembangunan masjidil Haram ini telah memusnahkan situs-situs Islam yang menjadi ikon perjuangan Rasulullah dan para sahabat dimasa lalu.

Baca juga:

Kini orang yang datang ke Makkah tidak ada lagi apa yang bisa di lihat, berziarah ke makam Rasulullah SAW. dan dan beribadah Haji saja, Padahal sebelumnya banyak situs sejah yang bisa menjadi tumpuan muslim untuk mengenang kisah dimasa lalu yang bisa menyentuh jiwa. Namun sekarang hampa, seakan tidak ada lagi apa-apa disana.

Menurut Irfan al Alawi, pembangunan itu justru membuat sejarah Islam terkubur. Misalnya, rumah sahabat nabi, Abu Bakar kini berganti menjadi Hotel Hilton. Hotel tersebut langsung menghadap ke Masjidil Haram. Bahkan teranyar, modernisasi Makkah juga bakal menggusur rumah kelahiran nabi.

Rumah bersejarah itu bakal diganti dengan perpustakaan dan istana imam Masjid Al-Haram. “Saya pikir sangat penting bagi kaum muslim dari seluruh dunia untuk menyadari apa yang sebenarnya telah terjadi,” ujar Alawi.

Peneliti sejarah warisan Islam mendorong kepada muslim dunia untuk sadar jika Islam bisa jadi nantinya hanya menjadi agama dongeng. “Kita harus sadar soal apa yang telah terjadi di Makkah dan Madinah. Sejak 1924 sampai sekarang dan apa yang bakal terjadi di masa depan,” katanya.

Dari Merdeka, dll
Baca Juga:  Mengapa Zionis Israel Menyerah, Ini Alasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here