SHARE
manfaat kesehatan rosemary

Manfaat kesehatan rosemary – Rosemary adalah herbal terkenal diseluruh dunia yang bermanfaat untuk berbagai keluhan penyakit. Rosemary bermanfaat untuk kesehatan baik digunakan dalam keadaan segar, dalam keadaan berminyak atau digunakan dalam keadaan berminyak.

Rosemary mengandung banyak antioksidan, anti kanker, anti septik, anti-inflamasi, dan bersifat disinfektan. Rosemary juga mengandung beberapa mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, riboflavin, folate, thiamin, magnesium, zat besi, zinc, tembaga dan phosphorus.

Rosemary juga berguna sebagai aroma terapi dan biasanya diperdapatkan juga dalam berbagai produk kosmetik.

Tak hanya itu saja, manfaat kesehatan rosemary juga terlihat dalam berbagai kuliner. Rosemary kering atau yang masih segar bisa di masukkan dalam masakan sop untuk menambah aroma sedap, salad, sandwich, dips, bahkan sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan teh rosemary. Benar, ini adalah minuman populer di rumah tangga.

Berikut Manfaat Kesehatan Rosemary

1. Menguatkan ingatan

Rosemary bermanfaat sebagai bahan alami yang mampu merangsang kognitif secara efektif. Tidak hanya itu saja namun juga bisa mencegah kondisi neurodegenerative seperti terjadinya penyakit Alzheimer. Dalam penelitian di tahun 2012 dikatakan bahwa paparan aroma rosemary bisa meningkatkan kinerja kognitif dan bisa memperbaik suasana hati.

Sementara penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 dan di publikasi dalam International Journal of Neuroscience menyebutkan bahwa rosemary mengandung zat yang mampu meningkatkan daya ingat. Cara menghirup aroma rosemary adalah sebagai berikut:

Hirup aroma rosemary dengan cara memberikan sedikit pada sapu tangan, atau bisa juga dengan cara menyomprot dalam kamar.
Selain itu, anda bisa meminum teh rosemary yang terbuat dari daun segar atau daun kering. Cara membuat teh adalah dengan menambahkan 1 ½ teh herbal dan satu gelas air hangat.

Baca Juga:  Bahaya Tidur dengan Memakai Kipas Angin

2. Melancarkan aliran darah

Manfaat kesehatan rosemary juga baik untuk melancarkan aliran darah. Kelancaran aliran darah sangat penting untuk menyebarkan sari makanan keseluruh bagian tubuh sehingga berbagai organ vital bisa berfungsi dengan baik.

Untuk meningkatkan sirkulasi darah, disarankan meminum teh rosemary secara teratur
Kalau anda sering mengalami kaki dingin karena tidak lancar aliran darah, maka pijat kaki anda dengan menggunakan minyak rosemary.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here