SHARE
rahasia-dibalik-shalat-tepat-waktunya

Rahasia di balik perintah Shalat pada Awal Waktu. Shalat adalah kewajiban atas setiap mukallaf yang mesti dilakukan dalam waktu masing-masing. Sehingga apabila seseorang meninggalkan shalat baik sengaja atau tidak, maka kewajiban atasnya untuk mengqadha. Kewajiban shalat bagi ummat Islam adalah pokok ajaran agama, bahkan shalat termasuk salah satu rukun Islam, sehingga tidak sempurna islam seseorang kalau ia tidak melaksanakan shalat.

Shalat yang paling baik adalah shalat yang dilakukan tepat waktu, begitu waktu shalat masuk, hendaknya orang muslim langsung mengabdikan dirinya kepada Allah, dengan meninggalkan berbagai aktivitas yang lain. Melaksanakan shalat pada awal waktu adalah cerminan beradabnya seorang hamda dengan Khaliq-nya. Seseorang yang bertawa dan takut kepada Allah ia akan segera melaksanakan perintahNya manakala perintah datang padanya. Tingkat ketaqwaan seseorang bisa dilihat dari bagaimana disiplin ia dalam mengerjalan shalat dan perintah lainnya. Di kisahkan bahwa saidina Ali karamallah wajha, begitu masuk waktu shalat maka tubuhnya berubah warna menjadi pucat karena takut akan Allah, sehingga beliau menyegerakan shalat tepat waktunya.

Nah, berbicara tentang perintah shalat pada awal waktu, ternyata tidak hanya mencerminkan ketaatan seorang hamba kepada Allah, tetapi ada rahasia tersendiri bagi kesehatan atau medis yang bermanfaat untuk manusia itu sendiri.

Rahasian dibalik perintah shalat di awal waktu belakangan ini terungkap setelah melakukan penelitian demi penelitian dan pengamatan oleh para pakarnya. Ternyata perpindahan waktu terjadi bersamaan dengan terjadinya perubahan tenaga alam yang dirasakan lewat berubahnya warna alam itu sendiri. Ini berarti kita bisa mengikuti irama alam dan menyerap energi alam positifnya. Kondisi ini akan memberikan pengaruh pada kesehatan pisikologis seseorang.

DR. Ir. H. Osly Rachman, MS dalam bukunya, “The Science of Shalat” mengupas secara panjang lebar tentang hikmah shalat berdasarkan ilmu pengetahuan dan sain modern.

Rahasia di Balik Perintah Shalat di Awal Waktu

1. Shalat Subuh

Sembahyang subuh adalah sembahyang yang dilakukan ketika keluarnya fajar shadiq hingga terbit matahari. Namun, shalat ini seringkali terlewatkan karena tebal dan hangatnya selimut, ditambah rasa kantuk yang keterlaluan. Ini sangat disayangkan, ini sangat disayangkan bagi orang yang meninggalkan shalat subuh pada waktunya, karena manfaatnya luarbiasa.

Dikatakan bahwa saat Subuh alam sedang dalam spektrum warna biru muda yang sesuai dengan frekuensi tiroid (kelenjar gondok) dan berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh. Energi dari spektrum ini terasa optimal saat awal berkumandangnya azan Subuh. Bagi siapa yang menghindari hangatnya selimut dan bangun dan mengerjakan shalat, maka tubuhnya akan menyerap energi melalui konsep resonan, yakni pada waktu rukuk dan sujud. Semakin lama, energi spektrum ini semakin melemah. Sehingga jika anda berlama-lama melewatkan waktu Subuh, maka energi yang terserap juga akan sedikit.

Baca Juga:  Manfaat Jus Lidah Buaya bagi Kesehatan

Ternyata selain berpengaruh terhadap metabolisme, warna biru muda juga mempunyai rahasia tersendiri yang punya keterkaitan dengan dengan rejeki dan cara berkomunikasi. Mereka yang masih tertidur nyenyak pada waktu Subuh akan menghadapi masalah rejeki dan komunikasi. Mengapa? Karena tiroid tidak dapat menyerap tenaga biru muda di alam ketika roh dan jasad masih tertidur.

2. Waktu Dhuhur
Duhur adalah shalat yang dikerjakan ketika tergelincir matahari kearah barat, waktu ini alam berubah warna menjadi kuning. Ini akan berpengaruh bagi perut dan sistem pencernaan manusia secara keseluruhan. Warna kuning juga punya pengaruh denganm hati dan berkaitan dengan keceriaan seseorang. jadi, mereka yang selalu telat dan terlmbat melaksanakan shalat dhuhur akan mengalami masalah dengan pencernaan dan akan berkurangnya mood atau keceriaan.

Waktu pelaksanaan shalat zuhur ini juga sangat sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan China yang berpendapat bahwa berdasarkan sirkulasi chi, waktu yang tepat untuk melakukan terapi organ jantung adalah pada pukul 11.00 – 13.00. Manfaat shalat dhuhur tepat waktu ternyata sangat besar faedah dan hikmahnya bagi kesehatan manusia.

3. Waktu Ashar
Selanjutnya, rahasia dibalik perintah shalat di awal waktu shalat ashar. Ketika ashar, alam berubah lagi warnanya menjadi oranye. Hal ini berpengaruh cukup signifikan terhadap organ tubuh yaitu prostat, rahim, ovarium/hindung telur dan testis yang merupakan sistem reproduksi secara keseluruhan. Warna oranye di alam juga mempengaruhi kreativitas seseorang. Orang yang sering ketinggalan waktu Ashar akan menurun daya kreativitasnya. Di samping itu organ-organ reproduksi ini juga akan kehilangan tenaga positif dari warna alam tersebut.

4. Waktu Maghrib
Warna alam kembali berubah menjadi merah. Sering pada waktu ini kita mendengar banyak nasehat orang tua agar tidak berada di luar rumah. Nasehat tersebut ada benarnya karena pada saat Maghrib tiba, spektrum warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis, [baca: larangan bermain diluar rumah waktu magrib]. Pada waktu ini jin dan iblis amat bertenaga karena mereka ikut bergetar dengan warna alam. Mereka yang sedang dalam perjalanan sebaiknya berhenti sejenak dan mengerjakan sholat Maghrib terlebih dahulu. Hal ini lebih baik dan lebih selamat, karena pada waktu ini banyak gangguan atau terjadi tumpang-tindih dua atau lebih gelombang yang berfrekuensi sama atau hampir sama dan bisa menimbulkan fatamorgana yang bisa mengganggu penglihatan kita.

Baca Juga:  Hati-hati, 6 hal ini bisa sebabkan anda pingsan

5. Waktu Isya
Berikutnya, rahasia perintah shalat isya pada awal waktu, saat isya warna alam berubah menjadi nila dan selanjutnya menjadi gelap. Waktu Isya mempunyai rahasia ketenteraman dan kedamaian yang frekuensinya sesuai dengan sistem kontrol otak. Mereka yang sering ketinggalan waktu Isya pada awal waktu akan sering merasa gelisah. Untuk itulah ketika alam mulai diselimuti kegelapan, kita dianjurkan untuk mengistirahatkan tubuh ini. Dengan tidur pada waktu Isya, keadaan jiwa kita berada pada gelombang Delta dengan frekuensi dibawah 4 Hertz dan seluruh sistem tubuh memasuki waktu istirahat.

Setelah tengah malam, alam mulai bersinar kembali dengan warna-warna putih, merah jambu dan ungu. Perubahan warna ini selaras dengan kelenjar pineal (badan pineal atau “mata ketiga”, sebuah kelenjar endokrin pada otak) kelenjar pituitary, thalamus (struktur simetris garis tengah dalam otak yang fungsinya mencakup sensasi menyampaikan, rasa khusus dan sinyal motor ke korteks serebral, bersama dengan pengaturan kesadaran, tidur dan kewaspadaan) dan hypothalamus (bagian otak yang terdiri dari sejumlah nucleus dengan berbagai fungsi yang sangat peka terhadap steroid, glukokortikoid, glukosa dan suhu). Maka, sebaiknya kita bangun lagi pada waktu ini untuk mengerjakan sholat malam (tahajud) dan disudahi dengan witir.

Perpindahan waktu alam adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Allah yang membolak balikkan keadaan dan alam dari saut bentuk ke bentuk lain, dari satu kondisi ke situasi lain. Semuanya ada hikmat yang tersembunyi yang hanya sedikit dicapai oleh ilmu penetahuan manusia. Maka kita wajib bersyukur atau adanya shalat 5 waktu yang secara tidak sadar membuat kita menyerap energi alam dan menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here