SHARE
Pohon-tertua-di-dunia,-tumbuh-sebelum-banjir-nabi-nuh

Pohon Tertua di Dunia, Tumbuh Sebelum Banjir Nabi Nuh as. Baru baru ini muncul meme di jejaring sosial yang mengatakan bahwa pohon tertua di dunai telah di temukan dan berada di Sweden.

Kemudian tes radiokarbon pun di lakukan, hasil tes memperkirakan bahwa usia dan umur pohon jenis spruce ini mencapai 9550 tahun. Meme satir itu memperkirakan bahwa pohon ini jauh lebih tua sebagaimana yang diperkirakan ilmuwan injil, merekan mengatakan bahwa banjir besar nabi Nuh terjadi pada 1.656 SM.

Namun timbul pertanyaan, apakah pohon yang muncul dalam meme ini benar benar ada? Majalah National Geographic memastikan bahwa pohon itu memang ada di Provinsi Dalarna, tepatnya di wilayah dataran tinggi setempat.

pohon-tertua-di-dunia-asal-swedia meme pohon tertuaUniversitas Umea mengatakan bahwa pohon yang tinggi 4 meter ini batangnya baru berusia puluhan tahun. Tapi akarnya dipastikan terus hidup di tempat yang sama sejak nyaris 10 ribu tahun lalu.

“Ketika ada bagian akar yang mati, sudah ada jaringan baru dari akar yang sama,” kata Leif Kullman, guru besar ekologi dan lingkungan Universitas Umea.

Walau ada klaim seperti itu, namun ilmuwan dunia belum sepakat bahwa pohon tertua di dunia adalah pohon spruce ini adalah pohon tertua di dunia.

Hingga hari ini, para pakar pohon baru sepakat menobatkan pinus di California sebagai pohon yang tertua di dunia. Pohon jenis bristlecone di AS itu secara ilmiah dipastikan berusia 5 ribu tahun lebih.[mdk]

Baca Juga:  10 Hewan Unik yang Mendiami Hutan Amazon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here