SHARE
perbedaan kopi raobusta dan arabika

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika – Kalau anda jeli dalam membeli kopi kemasan anda pasti melihat istilah yang selalu digunakan yaitu Robusta atau Arabika. Salah satu dari dua istilah kopi ini selalu melekat pada kopi kemasan. Bagi peminum kopi awam mungkin tidak bisa membedakan antara kopi arabika dan robusta, padahal antara kedua jenis biji kopi ini ada perbedaannya.

Robusta adalah jenis biji kopi yang sangat mudah didapat dan sangat mudah di tanam di Indonesia. Namun demikian Arabika juga bukan biji kopi yang kalah pamor, kepoulerannya juga sangat besar di negara ini. Lantas apa perbedaan antara biji kopi robusta dan biji kopi arabika.

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika

1. Jumlah kafein
Biji robusta adalah biji kopi yang mengandung kafein dalam jumlah lebih tinggi dibandingkan arabika. Kadar kafein yang terdapat dalam kopi arabika adalah 1,5 persen, sedangkan pada biji robusta bisa mencapai 2,7 persen. Tingginya tingkat kafein pada robusta ini menyebabkan rasa kopi robusta lebih pahit namun membuat efek kafein lebih terasa pada tubuh.

2. Beda rasanya
Selanjutnya, perbedaan kopi robusta dan arabika adalah terletak pada rasanya. Arabika memiliki rasa dan aroma lebih lembut dibanding robusta. Sedangkan rasa kopi robusta lebih kuat dan lebih pahit. Beberapa orang mendeskripsikan bahwa rasa kopi robusta lebih pahit dan menempel di lidah. Perbedaan rasa pada kedua jenis kopi tersebut terletak pada jumlah kafein dan jumlah kadar gula yang ada dalam kopi. Misalnya robusa yang mempunyai kafein tinggi sementara kandungan gulanya rendah dibandingkan dengan arabika.

3. Perbedaan harga
Biji kopi robusta adalah kopi yang sanga mudah ditanam dan termasuk yang tahan terhadap hama. Maka karena kemudahan ini sehingga harga kopi ini jauh lebih murah dibandingkan dengan Arabika. Harga kopi robusta hanya setengah dari harga kopi arabika. Maka banyak jenis kompi dalam kemasan kini dibuat dari kopi robusta yang harga murah.

Baca Juga:  Kekayaan Donald Trump di Negara Muslim

Baca juga: Kopi hijau terbaik untuk bakar lemak

4. Lokasi tanam
Ini juga termasuk perbedaan kopi robusta dan arabika. Arabika hanya bisa ditanam dan tumbuh di tempat yang beriklim subtropis dan dataran tinggi. Produser utama kopi arabika adalah daerah Amerika selatan dan amerika tengah. Beda halnya dengan kopi robusta yang bisa tumbuh dimana asalkan cukup air dan hujan. Biji kopi robusta banyak tumbuh di Indonesia dan Afrika karena cocok dengan iklimnya.

Walaupun kopi robusta punya rasa yang kuat dan agak pahi tetap saja kedua jenis kopi ini ada penggemarnya masing-masing. Bagaimana dengan anda, apakah anda robusta maniak atau Arabikamaniak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here