SHARE
kanker terlangka didunia

5 Jenis Kanker Langka di Dunia – Kanker adalah penyakit sangat berbahaya karena penderitanya sangat susah di sembuhkan. Kita sering mendengar beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru. Ini adalah nama kanker yang umum dikenal, namun tahukah anda ternyata di luar beberapa jenis kanker tersebut ada kanker yang sangat jarang didengar atau sangat langka.

Sebuah badan penelitian kanker yang telah meneliti 9 juta jenis kanker menyebutkan bahwa ada sangat banyak kanker langka dan jarang didengar. Setidaknya ada 60-70 jenis kanker langka, dan berikut kami ulas 5 kanker langka didunia.

1. Kanker kaki
Anda mungkin geleng-geleng kepala mendengar kanker kaki, karena menurut anda mungkin tidak ada yang mengaitkan kaki dengan kanker. Jadi kalau ini yang menjadi anggapan anda maka anda salah besar. Demikian kata Bryan Markinson, DPM, kepala pengobatan Podiatric di Mount Sinai School of Medicine di New York City.

Banyaknya orang yang tidak mengetahui adanya kanker kaki karena kanker jenis ini sangat jarang sekali terjadi. Seorang doktor bernama Markinson mengatakan bahwa knker jenis ini harus diwaspadai, kanker seperti kanker kaki muncul biasanya dari tahi lalat yang terus tumbuh atau tahi lalat abnormal. Begitu pula dengan nyeri kaki, mati rasa pada kaki karena bisa jadi ini adalah gejala kanker tulang, pembuluh saraf, kulit atau kanker saraf.

Jenis kanker kaki yang paling umum terjadi adalah melanoma atau kanker kulit. Penyebab kanker kaki bermacam macam bisa karena faktor gen atau karena karsinogen lingkungan akibat paparan sinar ultraviolet.

2. Kanker Vagin@
seiring dengan berjalannya usia maka sel sel tubuh juga berubah, demikian halnya juga dengan sel vag!na juga mengalami perubahan sehingga resiko bagi seseorang untuk terserang kanker juga semakin meningkat. Perlu anda ketahui bahwa 80% kasus kanker vag!na adalah karena karsinoma sel skuamosa.

Baca Juga:  8 Sayuran Paling Bergizi yang Harus Anda Makan

Kanker ini dikatakan berkembang secara perlahan-lahan mulai dari bagian depan rahim, dan paling banyak terjadi dimasa monopuse. Tumor atau benjolan kecil biasanya bisa di angkat dengan jalan operasi. Jenis lain dari kanker vag!na adalah adenokarsinoma. kanker ini trerjadi karena sel kanker yang berasal dari sel-sel sekretorik pada dinding vagin@.

Kutil kelamin juga bisa mempengaruhi proses terjadinya kanker vagin@, jadi anda menemukan hal hal sepele seperti iritasi, pendarahan, bahkan keputihan yang abnormal segera berkonsultasi ke dokter agar berbagai masalah bisa segera di atasi.

3. Kanker kelenjar ludah
Selanjutnya kanker terlangka di dunia adalah kanker kelenjar ludah. Kanker kelenjar ludah terjadi karena tidak sehatnya pencernaan, maka enzim dari kelenjar ludah sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan infeksi. Kanker air ludah termasuk yang sangat langka didunia karena perbandingannya adalah 1:100.000. Salah satu indikasi dan tanda kanker ludah adalah mati rasa pada area wajah benjolan di telinga, pipi, rahang, dan daerah mulut.

Kanker kelenjar ludah beda dengan jenis kanker lain, kanker ini biasanya muncul didaerah wajah, dan faktor dominan bagi kanker ini adalah orang yang bekerja pada tempat yang ada paparan zat radio aktif.

4. Mesenchymal Chondrosarcoma (Kanker tulang rawan)
Kanker tulang rawan adalah salah satu jenis kanker langka dan sangat jarang terjadi. Datanya saja kurang dari 1000 penderita sejak 1959. kanker ini sangat berbahaya karena sangat cepat menyebar keberbagai organ tubuh termasuk kelenjar getah bening.

Reaksi terbaik bagi Kanker tulang rawan adalah dengan melakukan operasi pengangkatan tumor + kemoterapi. Ini adalah hasil study yang dimuat dalam European Journal of Cancer.

5. Chordoma
Chordoma jenis kanker langka yang biasa terjadi pada tengkorak dan tulang belakang. Kanker ini tumbuh dari sisa-sisa tulang rawan semasa seseorang dalam kandungan. Mempelajari hal berkenaan dengan kanker Chordoma sangatlah sulit, namun para ahli tahu kalau kanker jenis ini bukan disebabkan oleh genetika.

Baca Juga:  Ini yang Terjadi dalam Tubuh Kalau Anda Tidak Tidur

Kanker ini memang muncul perlahan namun sangat agresiv. Penderita penyakit langka ini sering mengalami skait kepala. penglihan ganda, sakit leher, kesemutan di lengan dan kaki serta hilang fungsi usus dan kandung kemih.

Kanker ini sering tidak merespon kemoterapi, radiasi, atau obat-obatan. Untuk mengobati kanker jenis ini adalah dengan melakukan pembedahan, namun tidak pasti sukses karena tumor chordoma tumbuh di dalam tulang belakang dan sekitaran saraf vital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here