SHARE
ilustrasi rukyah hilal untuk menentukan awal ramadhan 2015
ilustrasi rukyah hilal untuk menentukan awal ramadhan 2015

Penetapan Awal Ramadhan 2015 – Berdasarkan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan beberapa almanak hijriyah bahwa bahwa ramadahan tahun 2015 ini jatuh pada 18 juni dan berakhir pada 17 juli 2015, dengan lama masa puasa 29 hari. Awal puasa ramadhan tahun 2015 ini akan terjadi keseragaman antara NU dan Muhammadiyah.

Berdasarkan kata ketua LAPAN Thomas DJamalludin, bahwa Awal Ramadhan dan hari raya idul fitri tahun 2015 ini akan terjadi keseragaman antara NU dan MD hingga tahun 2022 M mendatang, sementara untuk hari raya idul adha baru terjadi keseragaman pada tahun 2016 mendatang hingga tahun 2022.

Badan penerbangan dan antariksa nasional memperkirakan kesamaan ini karena melihat bahwa posisi bulan yang sangat tinggi.

Namun demikian, penetapan awal puasa ramadhan 2015 ini tetap tergantung dari posisi hilal atau anak bulan di akhir sya’ban ini nantinya, yakni penampakan bulan sabit muda yang terlihat pertama kali sesudah maghrib. Bulan hilal harus diperhatikan setelah maghrib karena bulan yang sangat tipis ini mempunyai cahaya redup, sehingga tidak mungkin bisa nampak waktu petang atau sebelum maghrib.

Baca juga:

Jadi, kalau anak bulan atau hilal sudah nampak maka malam itu sudah dikatakan malam bulan baru dari bulan Hijriyah. Namun kalau hilal belum nampak, maka penetapan awal ramadhan tergantung pada malam berikutnya, hingga genap 30 hari sya’ban.

Jadi untuk sementara, bahwa Awal Ramadhan 2015 akan terjadi pada 18 juni dan ini berbarengan antara Muhammadiyah dan NU.

Baca Juga:  Anda Ingin Belanja di Instagram, Ini Tips yang Harus di Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here