SHARE
otak manusia bisa simpan data 1 juta gigabyte

Otak Manusia Mampu Simpan Data 1 Juta Gigabyte – Media penyimpanan data pada smartphone beragam ukurannya, mulai dari yang kecil hingga yang besar seperti 16 gb, 32 gb, bahkan ada yang 128 Gb. Namun tahukan anda kalau otak manusia ternyata punya kemampuan yang jauh lebih besar dari itu. Otak manusia dikatakan bisa simpan data hingga 1 juta gigabye.

Seorang peneliti Terry Sejnowski, Profesor dari Institut Salk, Amerika mengungkapkan hasil penelitiannya tentang kekutaan otak manusia dalam menyimpan data. Dikatakan bahwa otak manusia bisa menyimpan data hingga 1 juta gigabyte, ini adalah ukuran yang jauh lebi besar dari peneliianpeneliian sebelumnya. Menurut Sejnowski, satu sinapsis (penghubung antara sel saraf) pada otak bisa menyimpan 4,7 bits data, sementara otak manusia biasanya mempunyai 1000 triliun sinapsis. Dari sinilah kesimpulannya bahwa Sejnowski mengkalkulasikan kapasitas otak sebanyak 1 petabyte atau 1 juta byte.

Sebagai perbandingan, data dari berbagai belahan dunia yang diproses oleh Google pada setiap harinya bisa mencapai 20 petabyte. Ilmuwan sendiri memperkirakan bahwa seluruh karya tulisan manusia dari awal sejarah sampai saat ini, dari semua bahasa, bila dikumpulkan setara dengan 50 petabyte.

“Ini adalah data yang sangat mengejutkan di dunia neurosains,” ujar Sejnowski.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa manusia berkemampuan mengembangkan sebuah komputer masa depan yang super canggih sebagaimana kemampuan otak manusia itu sendiri.

“Cara kerja otak adalah kunci untuk menciptakan desain komputer yang lebih baik,” tambah Sejnowski.

Baca Juga:  BBM, BlackBerry Messenger untuk Windows Phone Kini Tersedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here