SHARE
obat tradisional untuk pembengkakan kelenjar getah bening

Obat Tradisonal untuk pembengkakan kelenjar getah bening. Hampir di seluruh bagian tubuh kita terdapat kelenjar getah bening yang berperan penting dalam menjaga ketahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Getah bening adalah bagian penting dari imunitas karena mereka membantu tubuh untuk mengenal berbagai jenis kuman dan benda asing yang masuk kedalam tubuh. Kalau kelenjar getah bening bermasalah maka tubuh akan bermasalah juga karena tubuh sudah tidak mengenal kuman yang masuk kedalam tubuh. Ini membuat kuman bebas bergerak dan mengganggu kesehatan.

Bagian tubuh yang ada kelenjar getah bening antara lain leher, bagian belakang telinga, ketiak, selangkangan, dibagian bawah rahang, dan bagian bawah dagu. Kalau anda mengalami masalah getah bening seperti ini maka tubuh anda akan mengalami masalah yang disebut dengan limfadenopati atau limfadenitis. Pembengkakan kelenjar getah bening ini bisa berukuran sebesar kacang hingga bisa sebesar telur.

Pembengkakan kelenjar getah bening terjadi karena adanya masalah dengan kesehatan seperti infeksi. Di antaranya yaitu infeksi telinga, infeksi gusi, campak, infeksi dingin, radang gusi, mononucleosis dan tonsilitis.

Pembengkakan getah bening tidak hanya memperbesar ukuran bagian tubuh, tetapi juga bisa sangat menyakitkan, namun tingkat sakitnya tergantung pada penyebabnya. Penyakit ini juga bisa ditandai dengan adanya beberapa keluhan kesehatan seperti pilek, sakit tenggorokan, demam, batuk, bengkak tungkai, dan keringat dikala malam, termasuk juga rasa lemah yang umum terjadi.

Beberapa kasus pembengkakan kelenjar getah bening bisa sembuh dengan sendirinya, ada juga dengan menggangi gaya hidup, atau dengan menggunakan resep tradisonal atau obat rumahan. Namun ada juga kasus yang harus di tangani oleh tenaga medis. Kalau masalah kelenjar getah bening terjadi terus menerus maka anda harus mencari ahli medis.

Berikut 10 Obat Tradisonal untuk Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

1. Kompres dengan air hangat
Salah satu cara mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening adalah dengan mengompres menggunakan air hangat. Suhu panas akan membantu melancarkan aliran darah sehingga bisa mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

  • Ambil kain lap yang bersih dan celupkan dalam air panas, peras airnya.
  • Kemudian letakkan kain lap ini pada pembengkakan kelenjar getah bening selama 5 hingga 10 menit.
  • Ulangi hingga beberapa kali dalam sehari hingga pembengkakan menghilang.
Baca Juga:  Manfaat Kesehatan Lobak Putih, Menjaga Ginjal

Selain tips di atas, anda bisa juga menggunakan air hangat untuk mencuci bagian tubuh yang membengkak setiap harinya.

Baca juga: Manfaat Kesehatan rosemary

2. Memijat bagian yang bengkak
Cara tradisonal lainnya untuk mengatasi pembengkakan kelenjar getah bening adalah dengan memijat bagian tubuh yang bengkak. Pijatan akan merangsang kelenjar getah bening berfungsi sebagaimana mestinya dan bisa menurunkan pembengkakan.

  • Gunakan jari jari anda untuk memijat kelenjar getah bening selama 5 hingga 10 menit. Lakukan pemijatan ini hingga 3 kali dalam sehari
  • Kalau anda tidak bisa memijat, anda bisa mendatangi tukang pijat profesional untuk memberikan pijatan pada bagian tubuh anda yang membengkak.

3. Menggunakan air garam
Obat rumahan untuk pembengkakan kelenjar getah bening selanjutnya adalah air garam. Obat alami ini bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi pada leher akibat dari infeksi di tenggorokan.

  • Ambil air hangat sebanyak 1 cangkir, masukkan ½ sendok teh garam dan aduk.
  • Selanjutnya, gunakan air ini untuk berkumur-kumur
  • Gunakan obat rumahan ini beberapa kali dalam sehari selama 1 minggu, kalau penyakit anda tidak sembuh segera hubungi tenaga medis.

4. Menggunakan bawang putih
Bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat rumahan untuk pembengkakan kelenajr getah bening. Bawang putih mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. Bawang putih juga bermanfaat untuk membersihkan tubuh, mengurangi gejala dan bisa menyembuhkan.

  • Makan bawang putih mentah setiap hari sebanyak 2 hingga 3 siung. Masukkan juga bawang putih dalam aneka menu masakan anda.
  • Cara lain yang bisa anda coba adalah dengan memijat bagian yang bengkak dengan minyak bawang putih selama 3 kali sehari.

Kalau anda tidak suka dengan baunya, anda bisa mengkonsumsi suplemen bawang putih, tetapi sebelumnya anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga:  Makanan Penyebab Kanker Yang Setiap Hari Dikonsumsi

5. Cuka Apel
Cuka apel juga termasuk obat rumahan yang efektif untuk menyembuhkan masalah kelenjar getah bening. Cuka sari apel bekerja dalam tubuh untuk menciptakan lingkungan basa dan mempertahankan tingkat pH sehat pada tubuh. Cuka sari apel juga mengandung anti bakteri yang bisa melawan infeksi, ini akan membantu penyembuhan kelenjar getah bening.

  • Campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan yang sama
  • Kemudian rendamkan kain lap, dan letakkan pada daerah yang bengkak
  • Setelah 5 menit, bilas bagian yang bengkak dengan air hangat dan keringkan. Ulangi obat rumahan ini 2 atau 3 kali sehari.

Obat tradisional lainnya untuk pembengkakan kelenjar getah bening adalah dengan mencampur 1 sendok cuka sari apel dengan madu mentah. Minum sebanyak 2 kali sehari.

6. Madu
Madu juga bisa menjadi alternatif yang baik untuk pembengkakan kelenjar getah bening. Madu mengandung anti inflamasi dan anti bakteri yang bisa menurunkan gejala dan bisa menyembuhkan pembengkakan.

  • Campurkan 2 sendok madu dengan sedikit perasan lemon segar dalam segelas air. Minum ramuan ini selama seminggu (2 kali sehari)
  • Anda bisa juga mengoleskan madu mentah pada bagian tubuh yang bengkak, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari.

Itulah beberapa obat tradisional untuk pembengkakan kelenjar getah bening. Kalau anda mengalami masalah ini secara berkelanjutan dan tidak mendapatkan bantuan dari resep tradisonal ini, maka segera hubungi dokter di daerah anda untuk mendapatkan penangan lebih lanjut.

2 COMMENTS

  1. maaf gan tidak ada tool printing,,,untuk memudahkan ngeprint. Bukan pamrih, tapi menjaga agar artikel tidak di curi oleh mereka yang suka copas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here