SHARE
hal tak disadari wanita

Tanyoe.com – Setiap manusia ada kelebihan yang dianugerahkan dan ada juga kekurangannya. Berbicara masalah gender, wanita memang fitrahnya sebagai makhluk yang diciptakan dengan kelembutan dan kelemahan, namun wanita juga mempunyai kelebihan yang tak kan bisa di miliki lelaki manapun. Allah menciptakan manusia dengan berbagai hal unik yang kadang ada pada sebagian dan tidak ada pada yang lain. Ini bertujuan untuk menciptakan rasa saling membutuhkan dan saling menghargai.

Dari sisi gender wanita kadang kadang memiliki kelemahan dan sisi buruk, namun bukan semuanya karena ada juga wanita yang sanggup menjaga dirinya sebagaimana perintah agama sehingga wanita mulia ini dikatakan sangat mulia daripada lelaki yang mulia. Berikut ada 4 hal yang sering dilakukan wanita tanpa sadar, tentu bhal ini adalah keburukan dan kelemahan wanita dalam menjaga dirinya. Namun wanita yang kuat adalah yang mampu menjaga dirinya dari setiap hal ini dan selalu hadir dalam hidup ini sesuai dengan ajakan syariat. Semoga wanita muslim mampu menjaga dirinya dari hal buruk dan celaka sehingga menjadi wanita mulia di dunia dan akhirat.

1. Banyak Bicara dan tak sanggup diam

banyak bicara dan tak bisa diam
img credit to www.tribunnews.com

Bukan tidak ada datanya mengatakan wanita bayak bicara, sebuah universitas telah membuat penelitian tentang hal ini. Fakultas kedokteran universitas Maryland menemukan fakta mengejutkan tentang wanita dimana wanita ternyata berbicara 3 kali lipat lebih banyak dari kaum lelaki. Perbandingannya adalah seorang wanita umumnya berbicara dalam sehari hingga 13000 kata bahkan sampai 20.000 kata. Sedangkan lelaki hanya bicara sekitar 7000 ribu kata saja. Maka wajar wajar saja banyak lelaki tidak kesepian ketika ada disamping wanita.

Namun demikian ini bukan hal positif karena banyak bicara banyak salah dan banyak mencelakakan. Perempuan harus berusaha mengubah kebiasaan tersebut karena Agama tidak menyukai orang banyak bicara tanpa manfaat. dalam kitab Ta’lim al-Mutallim disebutkan:

“Yakinlah bahwa orang banyak bicara itu gila.” Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa yang beriman dengan Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia berkata baik, atau hendaklah ia diam,” (HR. Imam Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Setelah Menikah, Hidup Terpisah dari Orang Tua Itu Penting

Banyak bicara banyak melukai, lisanukum asadukum, lisanmu adalah singamu. Banyak mengeluarkan kata-kata berarti banyak yang terluka dengan kata kata tersebut. Maka ketika seseorang tidak sanggup berbicara yang bermanfaat maka hendaklah ia diam karena diam itu lebih baik dan lebih terpelihara.

2. Suka Ngegosip

wanita suka gosip
img credit: molto.co.id

Ini lagi hal buruk yang sering menjadi penyakit kaum hawa, semoga wanita yang membaca ini tidak termasuk salah satunya. Menurut sebuah study bahwa wanita ngegosip atau mendengar 3 gosip baru dalam seminggu, biasanya gosip yang menjadi perhatian mereka adalah seputar s3ks, keuangan dan masalah pribadi.

Bergosip dan mendengar gosip adalah perbuatan buruk yang sangat dibenci dalam Islam. Dalam kamus tasawuf membicarakan hal orang lain yang tidak baik adalah ghibah atau upat, ini jelas sangat dilarang dalam Islam karena bisa menimbulkan permusuhan. Bukan hanya yang ngegosip saja yang dilaknat tetapi juga mereka mendengarkannya. Maka wajib hukumnya menghindarkan diri dari upat atau pembicarakan keburukan orang lain. Orang yang bergosip dan mengumpat dikatakan sama seperti memakan bangkai saudaranya.

“Wahai orang-orang yang beriman, jauhkanlah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kalian mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kalian menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kalian memakan daging (bangkai) saudaranya yang sudah mati? Maka, tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat, 12).

3. Tak Bisa Menjaga Rahasia

wanita tak bisa jaga rahasia
img: cahayamuslim.com

Wanita adalah makhluk berbahaya, karena wanita tidak bisa menyimpan rahasia adalah salah satu alasannya. Memang benar dan wanita terkenal dengan sifat ini, Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang telah diberitahukan tentang rahasia cendrung memberitahukan kepada orang lain dalam kurun waktu kurang 2 hari.

Baca Juga:  Sepanjang Pembangunan Masjidil Haram, Arab saudi Libas Hampir 4500 Situs Islam

Penelitian dari inggris menyatakan hasil sebuah penelitian tentang ketidakmampuan wanita dalam menyimpan rahasia. Penelitian yang dilakukan pada 3000 perempuan berumur 18-65 tahun memberikan hasil yang mencengangkan, dimana 4 dari sepuluh wanita tidak bisa menyimpan rahasia.

Ini adalah sifat jelek yang harus diwaspadai wanita (bukan berarti pada lk tidak) karena umumnya terjadi pada wanita dan mereka umumnya tidak menyadarinya.

Ulama mengatakan “Orang yang tidak bisa menjaga Rahasia, juallah ia dengan segenggam Abu dapur”. Saya rasa kata-kata itu cukup sebagai celaan bagi orang yang tidak bisa menjaga rahasia, mereka tidak bernilai sama sekali hingga dihargakan sama seperti abu dapur.

4. Suka Shopping 🙂

wanita suka berbelanja
img: gaya-berbusana.blogspot.com

Wanita adalah insan yang suka berbelanja dengan segala hal yang menarik hatinya. Ini di akui oleh 85% wanita dan mereka mengakui kalau mereka suka berbelanja bahkan itu mereka lakukan secara diam-diam. Seperti membeli sepatu, parfum, lips dengan beragam merk, membeli baju dll sehingga lemarinya menjadi tempat koleksi beragam jenis baju.

Sebagaimana yang di lansir dari daylimail bahwa 79% wanita atau 8 dari 10 wanita di Inggris suka berbelanja tanpa sepengetahuan suaminya atau pasangannya. Wanita biasanya diam diam membelanjakan hasratnya ketika barang itu adalah barang mahal seperti tas dari desainer ternama, VCD, CD atau alkohol bahkan rokok.

Memang belanja adalah wajar saja bahkan hal penting dilakukan kalau itu dalam keadaan membutuhkan dan dibutuhkan. Akan tetapi kebiasaan belanja wanita yang di sorot adalah membelanjakan sesuatu yang tidak penting atau hanya terkesan pada menumpukkan harta atau koleksi atau sebagai penghias lemari dan rak saja. Ini adalah pemborosan karena masih banyak hal lain yang penting dilakukan seperti membantu fakir miskin atau anak yatim yang tentu manfaatnya luarbiasa bagi kehidupan akhirat kelak.

Allah berfirman:
“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. al-Isra’, 27)

Wabillahi taufiq wal hidayah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here