SHARE
Moscow jadi kota muslim terbesar di Eropa
Ilustrasi muslim rusia

Moscow Jadi Kota Muslim Terbesar di Eropa – Perkembangan ummat Islam di Eropa semakin pesat terutama di Moscow Rusia. Dari berbagai etnis dan golongan masyarakat moscow kini berbondong-bondong memeluk Islam. Rusia yang mempunyai populasi resmi 12,5 juta jiwa, kini Rusia menjadi rumah bagi 1,5 juta Muslim.

“Moscow secara perlahan beradaptasi untuk menjadi kota Muslim terbesar di Eropa, dan Muslim secara bertahap beradaptasi dengan itu,” kata analis politik Alexei Malashenko kepada Al Jazeera, dilansir dari onislam.net, Rabu (22/7).

Shalat hari raya tahun ini menjadi saksi pertumbuhan ummat Muslim di ibukota Rusia tersebut. Lebih dari 60.000 Muslim berkumpul untuk menunaikan shalat Idul Fitri di masjid kubah emas Sobornaya. Sementara, 180 ribu lain memadati lima masjid dan puluhan tempat ibadah sementara.

Namun demikian tak dapat dipungkiri bahwa sejumlah hambatan dan rintangan masih saja muncul dari pemerintah kota Moskow. Di Moscow, orang Muslim, baik itu kelahiran Rusia atau imigran merasa belum diterima dengan baik. Di Moscow hanya ada 6 masjid dan upaya untuk membangun masjid baru dikota itu mendapatkan protes dan penolakan, mungkin saja ini adalah rasa takutnya mereka terhadap pertumbuhan ummat Islam yang tak dapat dibendung ini.

Populasi Ummat Muslim di kota Moskow didominasi oleh sejumlah besar muallaf dari kalangan etnis Rusia sendiri. Anastasiya Korchagina, salah satunya. Ia mengubah nama depan menjadi Aisha setelah masuk Islam lima tahun lalu.

“Saya mendengar banyak pujian tentang bagaimana saya berpakaian dan betapa indah itu terlihat. Saya tidak pernah menghadapi sikap buruk. Itu tidak ada di sini,” kata Aisha Korchagina.

Jumlah Muslim yang mencapai 1.5 juta jiwa tersebut diutarakan analis politik Alexei Malashenko. Menurutnya, Moskow secara pelan-pelan mulai beradaptasi menjadi kota Muslim terbesar di Eropa.

Baca Juga:  MUI Minta Situs Islam Palsu di Tutup

Akhir-akhir ini perilaku baik terhadap ummat Islam di Rusia semakin meningkat. Ini terbukti dengan berlangsungnya acara-acara umat Muslim dengan skala cukup besar dan berlangsung dengan alot.

Dilansir dari WorldBulletin, Ahad (2/8), baru-baru ini sebanyak 180 ribu umat muslim memenuhi 5 masjid di tiga lokasi untuk merayakan akhir dari bulan suci Ramadhan. Ini adalah tanda sebuah perkembangan yang baik bagi umat muslim di Eropa khususnya di Rusia.

Baca juga: Masjid termegah di Moscow tampung 10.000 jamaah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here