SHARE
misteri burung ababil

Burung ababil adalah pasukan yang dikirim Allah untuk menyelamatkan ka’bah. Pernah suatu hari Abdul Mutallib pasrah terhadap informasi bahwa pasukan gagah perkasa tentara Abrahah dari Yaman hendak menyerang Ka’bah. Abdul Mutallib percaya bahwa ka’bah akan dilindungi sendiri oleh Allah SWT. Ternyata ini benar dengan mengirimka pasukan burung ababil yang menghalau raja Abrahah dan menghancurkan Pasukan Abrahah dengan batu batu yang dibawakan oleh setiap burung ababil.

Alquran menceritakan peristiwa yang menewaskan pasukan yang di pimpin Abrahah ini dengan menyebut “dan Ia mengirimkan kepada mereka Thairan Ababil” yang melempari mereka dengan batu yang terbakar, dan Dia menjadikan mereka bagai daun dimakan ulat”. Pendapat yang umum mengatakan bahwa ababil merupakan segerombolan burung atau burung berbondong-bondong. Dalam buku sejarah Nabi Muhammad, Muhammad Husain Haekal mengatakan bahwa ada nya wabah penyakit cacar yang merenggut hingga 1/3 nyawa orang Eropa dan Timur Tengah kala itu. Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa waktu itu adanya hujan meteor yang berjatuhan dari langit. Allahu A’lam

Kalau bang Arab waktu itu tidak melihat burung yang beterbangan menghancurkan tentara Abrahah, tentu ketika ada orang yang menceritakan masalah itu mereka akan mengejek dan mengatakan tidak mungkin, sebagaimana kisah isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW yang tidak disaksikan oleh mereka. Tetapi tentang ababil mereka tidak mendustakannya.

Dalam surah al Fil kita tentu tahu bahwa diceritakan tentang pasukan gajah yang hendak menyerang Ka’bah Baitullah. Namun bagaimana kalau masalah burung ababil ini kita coba lihat dari sisi Science. Karena banyak timbul pertanyaan belakangan tentang berapa jumlah burung itu, kapan hilangnya batu yang dibawakan oleh burung itu, tentang batu yang berasal dari neraka, kalau benar batu itu dari neraka, bumi pasti akan berlobang karena panasnya. Ada yang mengatakan dari luar angkasa, kalau benar darimana asal muasalnya, dari planet lain kah..?

Baca Juga:  Banjir Myanmar di Perkirakan 47 Orang Tewas

Apakah sebenarnya burung ababil itu, Apakah burung itu nyata, atau itu hanya sebuah kiasan terhadap adanya wabah penyakit yang menyerbu pasukan Gajah Abrahah yang hendak menyernag Ka’bah Baitullah. Wallahu A’lam

Sejumlah spekulasi muncul tentang peristiwa burung Ababil yang dikirim Allah untuk menyerang Pasukan yang dipimpin Abrahah gubernur Yaman yang ingin menghancurkan Baitullah. Namun bagaimana sebenarnya? Allah yang maha mengetahui, dan apapun yang dilakukan Allah bisa terjadi walau kadang tidak ditemukan secara ilmiah dan sesuatu yang tidak ditemukan secara ilmiah bukan berarti tidak ilmiah, tetapi keterbatasan manusia. Namun bisa juga itu adalah bentuk kiasan dari burung dan batu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here