SHARE
Michoacan,-surga-ribuan-kupu-kupu

Michoacan, Surga bagi Ribuan Kupu-Kupu di Pegunungan Meksiko. Ada pemandangan menakjubkan nampak pada setiap musim dingin di perbukitan Michoacan Meksiko. Dimana daerah itu diselimuti oleh Danaus plexippus, spesies kupu-kupuyang warnanya jingga.

Danaus plexippus atau lebih dikenal sebagai monarch butterfly bermigrasi dari Kanada ke tempat ini setiap tahun. Pohon-pohon fir yang rimbun dan menjulang tinggi berubah warna menjadi jingga karena telah ditempat ribuan kupu kupu tersebut.

Michoacan,-surga-ribuan-kupu-kupu-1Michoacan,-surga-ribuan-kupu-kupu-2Michoacan,-surga-ribuan-kupu-kupu-4
Kupu kupu ini berjumlah ribuan, peponan dan dedauan menjadi tempat hinggapnya. Ini menjadi daya tarik tersendiri banyak orang. Karena itulah, migrasi kupu-kupu di Michoacan menjadi magnet wisatawan ke daerah itu selama musim dingin.

Kepopuleran Michoacan di antara para turis sedikit-banyak merupakan jasa Kenneth Brugger, seorang ahli entomologi yang cukup dihormati. Brugger menyelidiki pola migrasi Danaus plexippus selama beberapa tahun. Ketika dia menemukan Michoacan, sarang serangga-serangga cantik itu selama musim dingin, ia pun segera mempublikasikan temuannya itu. Dan ini telah menjadikan tempat ini begitu terkenal di seluruh dunia.

Hanya butuh waktu singkat, Michoacan menjadi pembicaraan dibanyak kalangan akademisi dan praktisi dibindang entomologi. Sehingga kini banyak turis yang datang langsung ke tempat ini untuk menyaksikan ribuan kupu-kupu unik dan indah.

Eksploitasi Michoacan sebagai objek wisata sempat menimbulkan kekhawatiran mengenai potensi kerusakan lingkungan. Namun masalah ini segera teratasi begitu UNESCO meresmikan Michoacan sebagai Situs Warisan Dunia. Dengan cara ini, kelestarian alam Michoacan bisa menjadi prioritas utama dan para pelaku bisnis pariwisata di sana punya kewajiban untuk ikut menjaganya. Pemerintah Meksiko sendiri sudah menetapkan tempat itu sebagai kawasan cagar alam.

Kalau anda ingin menyaksikan keindahan migrasi kupu kupu ini, datanglah ke Meksiko di musim dingin.

Baca Juga:  5 Kota Terindah di Dunia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here