Home Berita MENYERAMKAN!! Mie Instant Merk Ini Mengandung Anti Karat

MENYERAMKAN!! Mie Instant Merk Ini Mengandung Anti Karat

763
0
SHARE
Bahaya mie instant maggi

Tanyoe.com – Mi Instant Maggi adalah merk mie tersebut, para pejabat di Delhi telah melarang penjualan mie bermerk tersebut setelah uji coba laboratorium yang menunjukkan bahwa dalam mie maggi mengandung TIMBAL yang tinggi pada mie tersebut.

“Uji coba di Delhi menunjukan 10 dari 13 sampel (mie Maggi) mengandung timbal dalam jumlah lebih banyak dari yang dibolehkan,” Demikian kata G Gurucharan dari kementerian makanan dan konsumen sebagaimana yang dikutip dari AFP, hari Rabu (3/6/2015).

Pihak kementrian akan meminta pertanggung jawaban terhadap masalah ini, demikian dikatakan G gurucharan

Kini pemerintah India meminta agar ujicoba terhadap mie maggi diseluruh India dilakukan, karena kandungan timbal dalam mie maggi di anggap membahayakan kesehatan tubuh.

Namun, Nestle India pemegang merk Mie Maggi ini membantah bahwa mi buatannya mengandung timbal atau tida sehat untuk dimakan. Perlu diketahui bahwa mi maggi adalah mie yang telah demikian populer di India dan bahkan di supermarket-supermarket mi maggi menjadi mie yang sangat terkenal. Mie maggi instant ini tidak hanya terkenal di kalangan pelajar saja namun juga menjadi makanan kesukaan dirumah tangga.

Penjualan tahunan mi maggi india ini dikatakan mencapai 15 miliar rupee alias kurang lebih US$235 juta dalam setiap tahunnya.

Dalam mempromosikan mi maggi ini pihak Nestle menggandeng nama-nama besar di Bollywood semacam Amitabh Bachchan, Madhuri Dixit, dan Preity Zinta, sebagai bintang iklan mi instan Maggi. Mungkin iklan inilah yang menyebabkan mi maggi sangat terkenal disana.

Baca juga: Bahaya Mie Instant bagi Wanita

Apa Itu Timbal?

Timbal merupakan sebuahunsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Pb dan nomor atom 82.

Timbal (Pb) adalah besi berat yang diperoleh dalam kerak bumi dan terbentuk secara alamiah. Selain dari kerak bumi, timbal juga bisa didapatkan dari hasil aktivitas manusia, yang mana jumlahnya 300 kali lebih besar dibandingkan Pb yang terbentuk secara alamiah dalam kerak bumi.

Baca Juga:  Tanda-Tanda Besar Kiamat Sudah Tampak Jelas

Dalam industri modern TIMBAL atau unsur Pb digunakan sebagai bahan antikarat pada pembuatan pipa air yang tahan korosi, bahan pembuat cat, baterai, dan campuran bahan bakar bensin tetraetil.

Jadi, Timbal (Pb) adalah jenis besi yang mendapat perhatian khusus karena sifatnya yang beracun bagi manusia.

Timbal (Pb) bisa masuk ke dalam tubuh melewati konsumsi makanan, minuman, udara, air, dan debu yang tercemar Pb.

Bahaya Timbal (pb) bagi Kesehatan Manusia

  • Menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam pembentukan hemoglobin (Hb).
  • Meningkatkan kadar asam d-aminolevulinat dehidratase (ALAD) dan kadar protoporphin dalam sel darah merah.
  • Menyebabkan umjur sel darah merah menjadi pendek
  • Menurunkan jumlah sel darah merah dan retikulosit, dan menambah kandungan besi Fe dalam plasma darah.

Timbal bersifat kumulatif [perlu rujukan] Dengan waktu paruh dalam sel darah merah adalah 35 hari, dalam jaringan ginjal dan hati selama 40 hari, sedangkan dalam tulang selama 30 hari.(BBC/Wikipedia)

Itulah bahaya mengkonsumsi mi instant maggi sebagaimana yang kini sedang marak di India.

SHARE KETEMAN-TEMAN, AGAR MEREKA JUGA TAHU KALAU MIE INSTANT BERBAHAY BAGI KESEHATAN. Baca juga: Bahaya mie instan bagi kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here