SHARE
Menu-Makanan-Sehat-untuk-Buka-Puasa

Menu Makanan Sehat untuk Buka Puasa – Ramadhan adalah bulan puasa bagi ummat Islam (ummat Nabi Muhammad SAW.), dalam menjalankan puasa ummat Islam tidak hanya menahan lapar dan dahaga semata, tetapi berbagai hal dan faktor yang bisa menyebabkan gugurnya pahala puasa juga harus di tahan dan ditinggalkan. Selama puasa tubuh kita istirahat dari mencerna makanan, ini memberikan dampak yang bagus bagi kesehatan. Sehingga wajar saja dengan berpuasa banyak orang yang bisa sembuh dari penyakti yang di deritanya. Namun demikian, ketika berbuka puasa hendaknya kita mengkonsumsi makanan sehat sebagai pemenuhan perit setelah seharian kosong dan istirahat dari mencerna makanan.

Maka, penting bagi kita untik mengetahui jenis makanan sehat apa saja yang baik di konsumsi ketika berbuka puasa atau ektika makan sahur. Berikut kami ulas beberapa menu makanan sehat untuk buka puasa.

Menu Makanan Sehat untuk Buka Puasa

1. Sayuran Hijau

Setelah ta’jil dan ketika hendak makan besar, anda disarankan untuk mengkonsumsi nasi dengan sayuran hijau. Sayuran hijau adalah sumber vitamin, mineral dan serat penting untuk tubuh. Mengkonsumsi sayuran hijau bisa memudahkan pencernaan dalam mencerna dan sayuran hijau juga bisa di masak dengan mudah.

2. Buah buahan segar

Selain sayuran hijau, buah buahan segar dan sehat adalah menu makanan sehat ketika berbuka puasa. Berbuka puasa dengan buah buahan yang manis tentu bagus, selain menyegarkan, juga bisa memulihkan stamina yang seharian hilang, coba biasakan anda mengkonsumsi buah kurma, apel, jeruk, melon, dll.

3. Nasi merah

Nasi merah atau beras merah adalah menu makanan sehat tidak hanya untuk puasa saja. Diluar puasa makanan ini juga sangat baik dikonsumsi karena sedikit kadar gula. Selain itu, nasi merah mengandung banyak serat dibandingkan dengan nasi putih, kadar gula dalam nasi merah juga lebih sedikit ketimbang nasi putih sehingga nasi merah aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.

Baca Juga:  Peredaran Beras Palsu Meresahkan, Ini Cara Membedakan Beras Asli dan Palsu

Baca juga:

4. Oat

Makanan sehat untuk buka puasa selanjutnya adalah Oat. Makanan ini sehat karena kaya akan serat. kalau anda menghindari nasi merah dan nasi putih, coba gantikan dengan Oat yang dicampurkan dengan aneka buah. Kandungan serat tinggi dalam oat sangat bagus untuk pencernaan tubuh.

5. kacang kacangan

Kacang kacangan adalah menu sehat lainnya ketika hendak berbuka puasa, kandungan protein yang tinggi dalam kacang membuat pertumbuhan tubuh kian sehat dan berkembang. Kacang bagus dikonsumsi oleh siapa saja, lebih elbih anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Demikian 5 jenis menu makanan sehat untuk buka puasa, semoga puasa kali lancar dan senantiasa sehat. Semakin kita berpuasa semakin tubuh kita sehat akrena banyak makanan buruk dan penyumbang kolesterol jahat kita batasi dan banyak makanan sampah yang terlewatkan. Jadi, jangan buka puasa dengan makanan tidak sehat seperti gorengan, tapi bukalah dengan buah dan sayuran serta makanan tinggi serat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here