SHARE
masjid-agung-moskow-Rusia

Masjid Termegah di Moskow Rusia – Masjid agung moskow adalah measjid megah yang dibangun untuk menggantikan yang dibangun 1904 yang hanya menampung 1000 jamaah. Masjid agung termegah ini dikatakan mampu menampung 10.000 jamaah dengan bangunan 3 lantai.

“Akhirnya Moscow menjadi Kota Muslim terbesar di Eropa dan memiliki masjid besar,” kata Aleksei Malashenko, ahli Islam di Pusat Carnegie Moscow. “Ini menandakan pula sebagai pusat kehidupan Islam Federasi Rusia di Moskow,” lanjutnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin Putin didampingi Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dikabarkan (Rabu 23/9/2015) meresmikan masjid agung moskow ini.

masjid-agung-moskow
Masjid termegah di Moskow Rusia

Kini tercatat Moskow adalah sebagai kota yang dihuni 1.6 juta muslim, jumlah ini menyaingin jumlah Muslim di Paris dan Uni Eropa yang konon hanya berkisar 1,2 juta hingga 1,7 juta jiwa ummat Islam. Perayaan hari raya idul adha kemaren di adakan di Masjid agung ini.
Berdasarkan info dari seorang pejabat, masjid agung moskow itu dibangun dengan dana US$170 juta, hasil sumbangan dari seorang pengusaha minyak Rusia yang tak mau disebut namanya.

Baca juga:

Di samping itu, pembangunan masjid agung Moskow yang memuat 10000 jamaah itu juga ada sumbangan dari Pemerintah Turki dan donasi dari Pemerintah Palestina. Hingga saat ini di MOskow enam masjid, termasuk Masjid Agung Moscow yang merupakan renovasi dari sebuah masjid tua berlantai dua itu.

Baca Juga:  10 Negara Termiskin di Dunia Menurut PDB Perkapita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here