SHARE
manfaat spirulina bagi kesehatan

Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh – Pernah dengar nama spirulina? Ini adalah mikroalga yang ternyata sanga bergizi untuk kesehatan tubuh. Makhluk ini adalah gangang biru atau hijau yang tumbuh secara alami di lautan, begitu juga pada sungai yang memiliki air asin seperti pada daerah subtropis.

Sebelumnya mikroalga ini pernah dikelompokkan dalam tanaman karena keberadaannya yang mampu melakukan foosinesis. Namun setelah para peneliti melakukan penelitian lebih lanjut kemudian mereka mengelompokkan spirulina sebagai bakteri dalam genus Spirulina.

Spirulina mempunai banyak jenisnya, namun yang dipelajari lebih mendalam hanya pada 3 jenis spirulina saja karena spirulina ini mengandung banyak gizi. Tiga spesies tersebut antara lain spirulina platensis, spirulina maxima dan spirulina fusiformis.

Sebagaimana yang dikutip dari livescience, bahwa spirulina tumbuh dalam spiral mikroskopis, dan cenderung hidup secara berkelompok, inilah yang membuat petani spirulina sangat mudah memanennya. Spirulina sudah dipublikasi tentang manfaat bagi kesehatan terutama bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan berat badan, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Manfaat spirulina bagi kesehatan juga bagus dalam dan direkomendasikan untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan mental seperti kecemasan, stres, depresi, dan attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD). Menurut, National Institutes of Health, Amerika Serikat manfaat spirulina juga bagus untuk membantu gejala pramenstruasi, dan amyotrophic lateral sclerosis.

Baca Juga:  7 Makanan Sehat Pencegah Diabetes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here