Home Agama Dahsyat! Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud bagi Kesehatan

Dahsyat! Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud bagi Kesehatan

63
0
SHARE
Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud

Manfaat Shalat Tahajud Bagi Kesehatan – Shalat Tahajud adalah shalat sunnat yang dikerjakan saat terbangun di malam hari. Berbicara tentang shalat tahajud, tentu kita telah mendengar bahwa ini adalah shalat dengan segala keutamaanya. Shalat tahajud yang dilakukan dengan rutin akan memberikan manfaat luarbiasa tidak hanya menguatkan kekuatan spritual saja tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang sangat dahsyat.

Shalat tahajud yang afdhal dilakukan adalah pada waktu sepertiga malam dan jumlah rakaatnya 2 hingga 8 rakaat. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa shalat tahajud tidak mempunyai batasan rakaatnnya sehingga bisa di lakukan semampunya.

Hadist yang menyatakan tentang keutamaan dan manfaat shalat tahajud sangat banyak sekali. Namun sangat disayangkan banyak manusia lalai dan tidak sempat melakukan shalat luarbiasa ini karena sedang terlepa dalam mimpinya. Maka, untuk membangkitkan semangat dalam melakukan shalat tahajud, mari kita ketahui dulu manfaat dan keutamaan shalat tahajud bagi kesehatan tubuh.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud bagi Kesehatan

1. Melancarkan aliran darah

Salah manfaat yang luarbiasa dari shalat di 1/3 malam terakhir ini adalah mampu melancarkan aliran darah. Waktu sepertiga malam adalah waktu dimana oksigen dalam keadaan bersih dan sangat sehat untuk dihirup manusia. Pasokan oksigen ini akan memberikan efek baik bagi kesehatan seperti membuat badan menjadi segar dan daral menjadi lancar. Apalagi kalau di iringi dengan mandi sebelum shalat subuh. Baca: Manfaat madi pagi sebelumshalat subuh

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Melakukan shalat tahajud akan memberikan ketenangan bagi jiwa. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa ketenangan yang hadir dalam jiwa ini akan meningkatkan kekebalan tubuh. Ini akan mengurangi resiko terhadap serangan jantung.

Baca Juga:  Cara Dahsyat Membersihkan Hati dan Darah Kotor

Baca: Ciri-ciri penyakit jantung, gejala awal

3. Mencegah penyakit pinggang

Gerakan yang dilakukan semua memberikan khasiat bagi kesehatan. Dan shalat tahajud yang dilakukan di malam hari akan menggerakkan tubuh kaku anda sehingga memberikan banyak oksigen masuk kedalam tubuh. Proses ini kan mengurangi resiko sakit pinggang yang biasa terjadi pada mereka yang banyak tidur.

Baca: 266 tulang dan 660 otot ikut bergerak ketika shalat

4. Jauh dari infeksi pernapasan

Selanjutnya, manfaat dan keutamaan shalat tahajud adalah mampu menghindarkan penyakit saluran pernapasan. Penyakit saluran pernapasan atau ISPA bisa dihindari oleh mereka yang sering dan merutinkan shalat tahajud. Sebagaimana kita jelaskan di atas bahwa shalat yang dilakukan di waktu 1/3 malam terakhir ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tahan terhadap serangan virus termasuk ISPA.

5. Membuat anda tampan dan cantik

Ketenangan yang lahir dan mengalir dalam tubuh akibat shalat tahajud akan memberikan efek luarbiasa bagi penampilan anda. Wajah-wajah yang bangun di tengah malam dan melakukan shalat tahajud akan bersinar dan bercahaya di siang hari.

Ini adalah aura wajah yang nampak teduh dan bahagia sehingga penampilan menjadi lebih tampan dan cantik. Gak percaya, coba buktikan saja.

Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

Jadi, mulai sekarang usahakan untuk bangun dimalam hari dan lakukan shalat tahajud yang manfaatnya luarbiasa.

6. Meningkatkan ketahanan tubuh

Shalat tahajud adalah shalat yang menjadi kebiasaan orang-orang shaleh dimasa lalu. Mereka menjadikan shalat malam ini seakan-akan sebuah kewajiban sehingga tidak pernah meninggalkannya walaupun dimuism dingin. Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan shalat tahajud walaupun beliau dalam keadaan sakit.

Baca Juga:  Ini Dia 5 Tips Sehat Ala Rasulullah SAW

Sejarah ini mengajak kita untuk bisa meneladani kehidupan Rasulullah SAW dan orang shaleh. Shalat tahajud tidak hanya menjadi penambah pahala di sisi Allah tetapi shalat ini membuat tubuh kita tahan terhadap serangan penyakit.

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan shalat tahajud yang luarbiasa. Selain yang telah kami sebutkan, masih banyak manfaat lainnya dari rajin melakukan shalat tahajud. So, mari kita menjadikan tahajud sebagai kebutuhan hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here